SOLOPOS.COM - Guru menerima penyuntikan vaksin Covid-19 di RSUD Karanganyar, Senin (29/3/2021). (Solopos-Candra Putra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar kembali menerima tambahan vaksin Covid-19 sebanyak 3.300 vial atau 33.000 dosis. Tambahan tersebut ditujukan untuk melanjutkan vaksinasi bagi masyarakat lanjut usia (lansia) dan guru tingkat PAUD, TK, serta SD.

Adanya penambahan penerimaan vaksin untuk Karanganyar diungkapkan oleh Plt. Kepala Dinkes Karanganyar, Purwati, ketika dihubungi Solopos.com, Kamis (13/5/2021). Dia mengatakan saat ini Dinkes Karanganyar sudah menerima 33.000 dosis yang siap untuk didistribusikan ke fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) yang menjadi vaksinator Covid-19.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Subhanallah! 20 Warga Binaan di LP Kelas II B Klaten Khatam Al Qur’an Dua Kali Sepanjang Ramadan 2021

“Ada tambahan lagi, kami menerima 3.300 vial vaksin. Untuk sasarannya masih porsinya diutamakan bagi kelompok lansia dan sisanya untuk melanjutkan vaksinasi pertama guru yang ada di tingkatan PAUD hingga SD,” jelas Purwati.

Vaksin tersebut akan dibagi alokasinya sesuai arahan dari pemerintah pusat untuk mengutamakan masyarakat lansia. Dari 33.000 dosis vaksin, sebanyak 20.000 dosis akan diberikan kepada masyarakat lansia dan 13.000 dosis vaksin untuk guru. Rencananya, distribusi vaksin yang baru diterima akan dilakukan pada Senin (17/5/2021).

“Sebelumnya kan kami sudah dapat 7.900 dosis yang dibagi 5.000 dosis untuk lansia dan 2.900 dosis untuk guru dan jemaah haji. Nah pembagiannya diserahkan ke Fasyankes masing-masing karena mereka yang lebih tahu. Setiap fasyankes kami jatah 140 dosis pekan lalu. Jumlah itu kan masih kurang, tambahan 33.000 dosis ini untuk melanjutkan vaksinasi sebelumnya sesuai sasaran. Karena ini lebaran, Fasyankes baru bisa mengambil vaksinnya Senin,” imbuh dia.

Vaksin Masih Kurang

Terkait vaksinasi untuk guru di Karanganyar, menurut Purwati, jumlah yang diterima saat ini masih sangat kurang. Sehingga, vaksinasi belum bisa merambah ke jajaran guru SMP. Namun, dia memastikan guru SMP akan mendapatkan vaksin apabila vaksinasi untuk guru PAUD hingga SD sudah rampung dilaksanakan.

Baca Juga: Jangan Remehkan Protokol Kesehatan Saat Libur Lebaran!

“Kami sudah koordinasi dengan Disdikbud Karanganyar terkait sasaran guru yang divaksin. Sementara ini masih sesuai sasaran yang ditentukan di awal untuk guru PAUD hingga SD dulu, nanti kalau semua sudah selesai, baru nanti guru SMP akan mendapatkan jatah divaksin,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya