Alhamdulillah, BLT Buruh Rokok Kudus Lanjut, Pemkab Siapkan Rp54 Miliar

Pemkab Kudus, Provinsi Jawa Tengah mengalokasikan Rp54 miliar untuk melanjutkan program BLT buruh rokok pada tahun 2022.

 Buruh rokok di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. (Antara)

SOLOPOS.COM - Buruh rokok di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. (Antara)

Solopos.com, KUDUS — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Provinsi Jawa Tengah akan melanjutkan program bantuan langsung tunai (BLT) untuk buruh rokok pada tahun 2022.

PromosiBegal Payudara Tak Hanya Bikin Sakit Secara Fisik, Tetapi Juga Psikis

Untuk itu, Pemkab Kudus telah mengalokasikan anggaran program BLT melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022. Pemkab mengusulkan Rp54 miliar pada tahun 2022. Nilai itu lebih besar apabila dibandingkan tahun 2020, Rp45 miliar.

Anggaran Rp45 miliar itu diusulkan melalui APBD Perubahan 2021 yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Asumsi penerima 70.000 orang saat itu. Namun, anggaran berkurang menjadi Rp40 miliar menyusul jumlah calon penerima berkurang menjadi 63.067 orang.

Baca Juga : TNI dan Polri di Timika Papua Ribut Gegara Rokok, Begini Akhirnya

Kabag Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Kudus, Dwi Agung Hartono, menuturkan usulan anggaran tahun 2022 sesuai dengan persentase 30 persen dari total anggaran bidang kesejahteraan masyarakat di Kudus.

“Karena program BLT buruh rokok merupakan amanat Permenkeu No.206/PMK.07/2020 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi DBHCHT sehingga tahun 2022 kembali diusulkan,” kata Dwi di Kudus, seperti dilansir Antara, Senin (29/11/2021).

Dwi juga menjelaskan alasan Pemkab Kudus menaikkan usulan anggaran BLT untuk buruh rokok. Pemkab mempertimbangkan kemungkinan buruh rokok yang belum mendapatkan bantuan program BLT periode November dan Desember 2021.

Baca Juga : Kini, Pengunjung RSUD Sragen Wajib Pakai Aplikasi PeduliLindungi

“Semua buruh rokok memiliki hak sama. [Buruh] yang terlewatkan akan diusulkan pada tahun 2022. [Buruh] akan mendapatkan bantuan serupa. Siapa tahu perusahaannya setelah mengetahui bantuan tersebut benar-benar direalisasikan akan menyampaikan data nama-nama pekerja,” tuturnya.

Dwi mengungkapkan hanya 62 perusahaan di Kabupaten Kudus yang menyetorkan daftar nama pegawai. Padahal, Pemkab mendata 75 pabrik rokok di Kabupaten Kudus. Pemkab mengklaim sudah menyurati seluruh perusahaan rokok.

Seperti sebelumnya, Pemkab akan melaksanakan tahapan verifikasi dan validasi untuk memastikan daftar nama calon penerima. Tahapan itu untuk mengecek apakah ada buruh yang meninggal dunia atau pindah kerja.

Baca Juga : Mayat Perempuan Tak Dikenal Terapung di Kali Dengkeng Bayat

Pemkab memaparkan sebanyak 63.067 orang tercatat sebagai calon penerima BLT buruh rokok tahun 2021. Dari jumlah itu, 25.000 orang diusulkan mendapatkan BLT dari Provinsi Jateng.

Namun, Dwi menyampaikan belum mendapatkan informasi apakah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng kembali menganggarkan atau tidak BLT buruh rokok pada 2022.

Pemkab Kudus menjelaskan proses pencairan BLT Buruh saat ini, yaitu membuatkan virtual account atau rekening tidak nyata melalui Bank Jateng. Rekening tak nyata itu berbasis nomor induk kependudukan (NIK).

Di sisi lain, pencairan bagi calon penerima BLT Provinsi Jateng akan dilaksanakan melalui PT Pos. Jadwal pencairan menunggu Pemprov Jateng.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

+ PLUS Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

Sebagai calon Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara yang berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menjadi magnet kaum urban untuk mengadu nasib di sana. Berikut perkiraan biaya hidup tinggal di Kalimantan Timur yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Berita Terkini

Polres dan BIN Gelar Vaksinasi di Grobogan, Tapi Beda Sasaran

Polres Grobogan melaksanaan vaksinasi booster untuk seluruh anggotanya, sedang vaksinasi oleh BIN Jateng sasarannya anak/pelajar.

Udinus Kembali Gelar Dinusfest, Pelajar SMA/SMK Merapat!

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang akan kembali menggelar ajang Dinusfest pada awal Februari 2022.

Kisah Si Raja Gula Asia, Pengusaha Terkaya dari Semarang

Beginilah riwayat kerajaan bisnis Raja Gula Asia yang merupakan pengusaha terkaya asal Semarang, Oei Tiong Ham.

Tak Hanya Solo, DPC Partai Gerindra Grobogan Juga Laporkan Edy Mulyadi

Jajaran pengurus DPC Partai Gerindra Grobogan melaporkan pemilik akun Youtube Bang Edy yang dinilai menghina Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Harta Warisan Pengusaha Terkaya Asia Asal Semarang Jadi Sengketa

Harta warisan pengusaha terkaya Asia Tenggara asal Semarang, Oei Tiong Ham, sempat menjadi sengketa.

Patung dan Taman Kota di Semarang Bakal Bertambah

Pemkot Semarang berencana menambah jumlah taman kota dan patung sebagai ikon di wilayahnya.

Tak Betah Mondok, 2 Santriwati Banyumas Ngaku Diculik dan Diperkosa

Dua santriwati sebuah pondok pesantren di Banyumas menyampaikan informasi palsu atau bohong telah menjadi korban penculikan dan pemerkosaan.

Megah, Ini Potret Istana Pengusaha Terkaya Asia di Semarang

Inilah potret kemegahan istana peninggalan pengusaha terkaya se-Asia Tenggara di Semarang, Jawa Tengah.

Ini Hlo Isi Brankas Milik Pengusaha Terkaya Asia di Semarang

Inilah isi dua brankas tua milik pengusaha terkaya se-Asia Tenggara di Semarang, Oei Tiong Ham, yang berada di Restoran Pring Sewu, Semarang.

Soesmans Kantoor, Aset Pengusaha Terkaya Asia di Kota Lama Semarang

Soesmans Kantoor adalah bangunan bergaya Eropa di kawasan Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah, yang merupakan peninggalan pengusaha terkaya se-Asia Tenggara zaman Belanda, Oei Tiong Ham.

Ini Wujud 2 Istana Pengusaha Terkaya Asia Tenggara di Semarang

Inilah wujud dua istana megah peninggalan pengusaha terkaya se-Asia Tenggara di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Hari Bhakti Imigrasi ke-72, Kemenkumham Jateng Tabur Bunga di TMP

Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah bersama jajaran Unit Pelaksana Teknis se-Kota Semarang melakukan upacara dan ziarah tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Tunggal,

Pemberian Doorprize Bikin Senang Peserta Vaksinasi Binda di Grobogan

Pelaksanaan vaksinasi massal di Balai Desa Sidorejo, Kecamatan Pulokulon, Grobogan menarik masyarakat karena disediakan doorprize.

Papasan dengan Motor Tossa, Bus Peziarah Temanggung Terguling di Sawah

Sebuah bus yang mengangkut rombongan peziarah Ponpes Darul Muttaqien di Temanggung terguling di area persawahan.

Pemerintah Perpanjang PPKM, Begini Reaksi Gubernur Ganjar

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, angkat bicara terkait kebijakan pemerintah pusat yang memperpanjang penerapan PPKM Jawa-Bali hingga 31 Januari 2022.

Bus Sarat Penumpang di Grobogan Nyemplung ke Saluran, Ini Penyebabnya

Bus sarat penumpang jurusan Purwodadi – Sulursari nyemplung ke saluran air di Jalan Purwodadi – Blora, di Desa Sambirejo, Wirosari.