Tutup Iklan

Alhamdulillah, Belasan RS Kota Solo Dapat Bantuan Oksigen Konsentrator

Belasan rumah sakit rujukan Covid-19 Kota Solo sudah mendapatkan bantuan oksigen konsentrator dari sejumlah pihak.

 Bantuan oksigen dari Shopee Singapura saat tiba di Kantor Dinas Kesehatan Kota Solo, Senin (19/7/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Bantuan oksigen dari Shopee Singapura saat tiba di Kantor Dinas Kesehatan Kota Solo, Senin (19/7/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Bantuan penanganan Covid-19 seperti oksigen dari pemerintah pusat dan pihak ketiga untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Solo datang hampir bersamaan pada Sabtu (25/7/2021) sore.

Bantuan oksigen konsentrator dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemarin Ves) langsung didistribusikan untuk 15 rumah sakit (RS) rujukan Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan bantuan oksigen berasal dari Singapura sebanyak 200 tabung atau sekitar 14 ton.

Baca Juga: Lancar Jawab Pertanyaan Panglima TNI, Babinsa Kemlayan Solo Dapat Hadiah Tiket Pendidikan Bintara

“Sudah ada pembagiannya. Intinya untuk RS yang saat ini bermasalah dengan oksigen. Ada 15 RS yang menerima 150 oksigen konsentrator. Pembagiannya tergantung prioritas. Per RS ada yang dapat delapan, 10, ada yang 13 unit. Fungsi oksigen konsentrator ini sama dengan oksigen biasa, namun lebih irit,” katanya kepada wartawan, Sabtu sore.

Ning, panggilan akrabnya, mengatakan bantuan oksigen sebanyak 14 ton itu hanya cukup untuk beberapa jam mengingat total kebutuhan harian Solo mencapai 50 ton.

RS yang kekurangan oksigen bergantian satu dengan yang lain atau tak selalu terjadi di satu RS. Namun, manajemen RS tersebut kompak saling pinjam meminjam tabung sehingga tidak sampai pada kondisi kritis.

Baca Juga: Pengumuman! BST Rp600.000 Untuk Warga Solo Dibagikan Mulai Senin

Digunakan Pada Kasus Ringan

“Oksigen konsentrator ini digunakan pada kasus yang ringan. Jadi, kami harapkan manajemen memanfaatkan betul. Kalau ICU [intensive care unit] kami harapkan menggunakan oksigen liquid sementara untuk ruang isolasi memakai oksigen konsentrator,” jelasnya.

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, mengatakan bantuan oksigen tersebut berasal dari Shopee Singapura. “Iya, kami dapat lagi bantuan 200 tabung oksigen. Ini kerjasamanya Pak Wali Kota dengan Shopee langsung dari Singapura,” jelasnya.

Tabung oksigen tersebut, kata Teguh, langsung tinggal pakai. Kalau sudah habis, Pemkot harus menyiapkan pengisian kembali. Tabung oksigen ini bisa digunakan untuk menyetok kebutuhan oksigen. “Kalau tabung oksigen sedikit cadangannya juga terbatas,” ujarnya.

Baca Juga: Sambil Jongkok, Gibran Ngobrol Bareng Pasien Covid-19 di Isolasi Terpusat

Kasi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Solo, Aries Baroto, mengatakan hibah 200 tabung oksigen mendapat perlakuan khusus. Bea Cukai langsung memproses pengeluaran hibah setelah menerima rekomendasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Karena ini termasuk bantuan dalam rangka penanggulangan Covid-19 jadi mendapat perlakuan khusus, yakni pembebasan bea masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor,” katanya dalam rilis yang diterima Solopos.com, Minggu (25/7/2021).

Berita Terkait

Berita Terkini

9 BUMD Sragen Diguyur Modal Rp25 Miliar Tahun Depan

Dari sembilan BUMD di Sragen, ada tiga BUMD berprestasi secara manajemen dengan mendapatkan penghargaan Top BUMD 2021 Bintang 4.

Desa Sendang Wonogiri Terbaik Nasional, Ini Keunggulannya

Ada tiga hal yang dinilai pada ajang ini, yakni administrasi desa memiliki bobot 20, aktivasi dan akses masyarakat bobot 20, dan inovasi desa terkait pelayanan publik bobot 60.

Jumlah Sambungan Pelanggan Baru PLN di Boyolali Meningkat

Jumlah penyambungan ke pelanggan di Klaten dan Boyolali pada Agustus menyasar sekitar 5.000 pelanggan.

Kejar Herd Immunity, Kapolres Klaten Tinjau Vaksinasi di SMPN 2 Wedi

Peninjauan Kapolres Klaten ke SMPN 2 Wedi guna memastikan vaksinasi di sekolah setempat berlangsung lancar.

Hebat! Desa Sendang Terbaik Nasional soal Keterbukaan Informasi Publik

Desa Sendang, Wonogiri, menjadi desa terbaik se-Indonesia dalam hal keterbukaan informasi publik desa.

Ada Sekolah Langgar Prokes, Pemkot Solo Diminta Tak Sekadar Reaktif

Pemkot Solo diminta tidak hanya bersikap reaktif ketika ada sekolah melanggar prokes saat PTM namun juga melakukan pengawasan sistematis.

PJU Kembali Dinyalakan, Alun-Alun Wonogiri Terang Benderang

Dishub memadamkan PJU di ruas jalan raya tertentu sejak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, awal Juli 2021.

PTM Terbatas di 824 SD dan SMP di Klaten Bakal Disidak secara Rutin

Sri Mulyani mengatakan sidak dilakukan oleh lima tim yang menyebar ke berbagai sekolah terutama yang menyelenggarakan PTM terbatas.

Dukung Swasembada Daging, Kesehatan Reproduksi Sapi Boyolali Dipantau

Sapi yang memiliki masalah dalam sistem reproduksi akan diobati dan dipantau selama tiga pekan ke depan. 

Timbang Mangkrak, Pawartos Bikin Taman di Lahan Eks Terminal Kartasura

Masyarakat yang tergabung dalam Pawartos membangun taman dan pusat kuliner di lahan bekas Terminal Kartasura, Sukoharjo, yang lama mangkrak.

RAPBD Kabupaten Boyolali 2022 Rp2,27 Triliun

Dalam Ranperda APBD 2022, struktur pendapatan daerah dalam APBD Boyolali tahun 2022 diestimasikan Rp2.278.633.677.000.

Kucing, Hewan Paling Banyak Divaksin Rabies di Wonogiri

Vaksin rabies untuk hewan peliharaan ini digelar sebagai tindakan preventif dan mempertahankan status Jawa Tengah yang bebas rabies.

Baru 40-An Pelaku Usaha Ajukan QR Code PeduliLindungi lewat Pemkot Solo

Jumlah pelaku usaha yang mendaftar pengajuan QR Code PeduliLindungi melalui Dinas Pariwisata Solo masih minim, baru 40-an.

KPA Sragen Gelar Tes HIV di Gunung Kemukus Sasar Pekerja Hiburan

Pemkab Sragen kini punya alat khusus untuk memindai sidik jari warga jika menemui kelompok rentan HIV/AIDS yang tidak memiliki KTP.