SOLOPOS.COM - Pengunjung menumpang gondola barang yang menghubungkan Dukuh Girpasang dengan Dukuh Ngringin, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Selasa (19/1/2021). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN -- Jembatan gantung yang sudah dinantikan sejak lama oleh warga Dukuh Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kemalang, Klaten, akhirnya bakal dibangun tahun ini.

Jembatan gantung itu akan menghubungkan Dukuh Girpasang dengan perkampungan lainnya di Desa Tegalmulyo. Pemkab Klaten mendapat anggaran senilai Rp4 miliar dari APBN 2021 untuk pembangunan jembatan itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Girpasang merupakan perkampungan di lereng Gunung Merapi yang dihuni sekitar 12 keluarga. Perkampungan yang berjarak 4-5 km dari puncak Merapi itu termasuk perkampungan terpencil.

Baca Juga: Baru 16%, Vaksinasi Covid-19 Warga Lansia Sukoharjo Dikebut

Akses utama warga menuju perkampungan lainnya berupa anak tangga di tepian jurang sedalam 130 meter. Sudah lama warga Dukuh Girpasang, Klaten, berharap ada jembatan gantung untuk mempermudah akses mereka ke perkampungan lainnya.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan sejak awal sudah menjadi komitmennya untuk merealisasikan pembangunan jembatan gantung yang menghubungkan Girpasang dengan kampung terdekat yakni Dukuh Ngringin.

Jembatan gantung Girpasang sebelumnya sudah direncanakan dibangun pada 2020 melalui gelontoran dana APBN. Namun, pandemi Covid-19 membuat rencana itu ditunda lantaran ada refocussing anggaran.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Jagalan Solo Punya Layanan Tes GeNose, Catat Jadwal Dan Lokasinya

Saat Presiden Joko Widodo serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke Klaten pada awal Maret 2021, Mulyani tak melewatkan kesempatan itu untuk mengusulkan pembangunan jembatan gantung di Girpasang.

Menunggu Lelang

"Setelah sempat tertunda pembangunannya tahun 2020, alhamdulillah usulan segera dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," kata Mulyani berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com, Minggu (4/4/2021).

Pembangunan jembatan gantung Girpasang itu sudah dianggarkan melalui APBN 2021 senilai Rp4 miliar. Saat ini, proses pembangunan menunggu lelang proyek.

Baca Juga: Waduh, Produksi Gerabah Melikan Klaten Terancam Macet Total

Mulyani berharap ada kerja sama antara masyarakat dengan pihak terkait agar pelaksaan pembangunan jembatan Girpasang, Klaten, itu sukses.

“Saya harap masyarakat dan pihak terkait dapat bekerja sama agar pembangunan jembatan Girpasang ini dapat terlaksana dan sukses 100%.” tutur Sri Mulyani seusai mengecek lokasi bakal jembatan gantung.

Kepala Desa Tegalmulyo, Sutarno, membenarkan rencana pembangunan jembatan gantung Girpasang dilakukan tahun ini. “Pembangunan belum dilaksanakan. Masih proses survei kontur tanah. Untuk panjang jembatan kami perkirakan sejauh 125 meter. Harapan kami segera bisa terealisasi rencana tersebut,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya