SOLOPOS.COM - Ilustrasi penanganan pasien Covid-19. (Reuters)

Solopos.com, KLATEN — Sebanyak 37 pasien Covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dinyatakan sembuh pada Minggu (13/9/220). Pasien yang dinyatakan sembuh itu berasal dari delapan kecamatan.

Pasien sembuh terbanyak berasal dari Kecamatan Delanggu dengan 20 orang. Pasien sembuh lainnya berasal dari Kecamatan Polanharjo sebanyak lima orang dan Kecamatan Klaten Tengah sebanyak empat orang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pasien sembuh lainnya berasal dari Kecamatan Karangnongko, Jatinom, dan Wonosari masing-masing sebanyak dua orang. Dari Kecamatan Gantiwarno dan Cawas masing-masing berjumlah satu orang.

Waduh Biyung! Kasus Positif Covid-19 di Sragen Tambah 42

Mayoritas pasien dinyatakan sembuh sebelumnya menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis.

"Terdapat 36 pasien yang sebelumnya menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis. Sementara, satu pasien lain sebelumnya menjalani perawatan di rumah sakit. Dari hasil evaluasi pemeriksaan dari 37 pasien itu menunjukkan negatif [Covid-19] sehingga dinyatakan sembuh. Meskipun sudah dinyatakan sembuh, pasien tetap melakukan isolasi mandiri minimal tujuh hari," kata Jurus Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, Minggu.

Sembuh

Selain mengumumkan puluhan pasien sembuh, gugus tugas mengumumkan ada penambahan satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Klaten pada hari yang sama. Pasien baru itu berinisial S, laki-laki, 55 tahun, dari Kecamatan Cawas.

Pasien yang memiliki latar belakang pekerja swasta itu memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta selama 14 hari terakhir. Diduga, pasien itu terpapar Covid-19 saat masih berada di Jakarta.

"Saat ini pasien S sedang menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis," kata Cahyono.

Kisah Unik Pria Trucuk Klaten yang Tinggal di Makam: Pernah Berjaya Jadi Dukun Togel

Dengan penambahan itu, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Klaten menjadi 499 orang. Dari angka itu, sebanyak 175 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan melakukan isolasi mandiri, 306 orang sembuh, serta 18 orang meninggal dunia.

"Kami tetap mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa meningkatkan kesadarannya dan lebih disiplin menaati protokol kesehatan yang berlaku. Tetap berada di rumah, jika terpaksa keluar rumah wajib menggunakan masker, hindari kerumunan, dan terapkan pola hidup bersih dan sehat," kata Cahyono.

Pelaksana tugas (Plt) Camat Delanggu, Jaka Suparja, membenarkan ada 20 pasien Covid-19 asal Delanggu Klaten yang dinyatakan sembuh pada Minggu.

"Untuk selanjutnya kami lebih tertibkan lagi terkait penerapan protokol kesehatan agar menjadi budaya baru di masyarakat. Gugus tugas kecamatan senantiasa operasi masker, sosialisasi protokol kesehatan, dan lain-lain. Begitu pula dengan dunia usaha di Delanggu. Kami kumpulkan para pelaku usaha untuk pelaksanaan protokol, langkah antisipasi Covid-19, maupun tindak lanjut segala kemungkinan yang bisa terjadi," jelas Cahyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya