SOLOPOS.COM - Logo sertifikat halal

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 2.144 usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) telah mengantongi sertifikat halal. Dengan sertifikat halal itu, kepercayaan terhadap produk yang dihasilkan UMKM pun akan semakin meningkat dan tentunya akan meningkatkan omzet.

Kabid Restruktrusasi dan Pembiayaan Dinkop UKM Jateng, Endah Ariyanti, mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng selama ini memang gencar mendorong pelaku UMKM untuk melakukan sertifikasi halal.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Fasiltasi halal dilaksanakan sejak 2012. Hingga 2022 sudah ada 2.144 [UMKM] yang disertifikasi halal,” ujar Endah dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/1/2023).

Endah menuturkan, antusiasme pelaku usaha dalam Program Sertifikasi Halal sangat besar. Ia mengatakan, sertifikasi halal menjadi jembatan bagi pengusaha kecil dan menengah atau UMKM Jateng bisa naik kelas.

“Setelah memeroleh sertifikat halal, keuntungan yang didapat UKM di antaranya memperluas jaringan pasar dan menaikkan kelas UKM,” paparnya.

Selain meningkatkan kepercayaan konsumen, sertifikasi halal ini memberikan ketenangan berusaha bagi produsen, memperbaiki manajemen produksi, meningkatkan daya saing produk hingga kejelasan sumber bahan baku produk yang sesuai syariat.

Oleh karena itu, Pemprov Jateng mendampingi pengusaha kecil dan menengah dalam fasilitasi pemenuhan syarat sertifikasi halal, khususnya bidang makanan dan minuman. Memberikan sosialisasi pemahaman terkait produk halal dan mempertemukan dengan jaringan seperti toko retail, pusat oleh-oleh hingga pengusaha skala besar.

Untuk bisa mendapat sertifikat halal, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pengusaha kecil dan menengah. Syarat itu antara lain nama dan izin usaha, daftar bahan yang digunakan, proses pengolahan, dan sistem jaminan halal.

Endah mengatakan, Pemprov Jateng terus berkomitmen mendorong industri halal semakin berkembang. Ini dibuktikan dengan adanya dana alokasi anggaran khusus untuk Program Sertifikasi Halal yang bersumber dari APBD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya