SOLOPOS.COM - Ilustrasi bantuan sosial (Solopos)

Solopos.com, KLATEN -- Sebanyak 140 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kayumas, Kecamatan Jatinom, Klaten, menerima bantuan sosial tunai atau BST di kompleks kantor desa setempat, Senin (19/4/2021). Di sisi lain, sebanyak tiga KPM urung mengambil BST karena dinilai belum memenuhi persyaratan pengambilan.

Kepala Desa (Kades) Kayumas, Kecamatan Jatinom, Mulyono, mengatakan pembagian BST sebanyak dua tahap dengan total senilai Rp600.000 di wilayahnya menjadi kewenangan pemerintah pusat melalui kantor pos.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saat pembagian BST, Pemdes Kayumas hanya sebagai fasilitator. Meski seperti itu, Pemdes Kayumas tetap meminta warganya disiplin menaati protokol kesehatan. Hal itu seperti memakai masker, rutin mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan menaati protokol kesehatan lainnya.

Baca juga: Diresmikan Kapolda Jateng, Inilah 11 Pelayanan Grayandu Presisi Polres Klaten untuk Masyarakat

"Pengambilan BST itu tidak bisa diwakilkan. Saat ini, Kayumas termasuk zona hijau Covid-19. Tapi semuanya harus menaati protokol kesehatan," kata Kades Kayumas, Kecamatan Jatinom, Mulyono, kepada Solopos.com, Selasa (20/4/2021).

Mulyono mengatakan setiap KPM berhak menerima BST senilai Rp300.000 per bulan. Saat pembagian, BST yang dibagikan mencapai dua tahap sehingga setiap KPM menerima uang Rp600.000.

"Terkait tiga KPM yang belum bisa mengambil kemarin bisa diambil di kantor pos," katanya.

Baca juga: 71 Desa Di Klaten Masuk Zona Oranye Risiko Penularan Covid-19

Salah seorang penerima BST di Kayumas, Wartono, 49, mengatakan telah menerima BST senilai Rp600.000. Sesuai rencana, uang tersebut digunakan memenuhi kebutuhan sehari-hari saat bulan Ramadan sekaligus di tengah pandemi Covid-19.

"Saat mengambil BST kemarin, semua harus menaati protokol kesehatan," katanya.

Camat Jatinom, Wahyuni Sri Rahayu, mengatakan jajaran kecamatan juga turut memantau pelaksanaan pembagian BST di wilayahnya.

"Kami juga memantau pembagian BST di Kayumas. Semua disiplin menaati protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19," katanya.

Baca juga: Ujian Sekolah SMP di Klaten Digelar Daring Kecuali SMPN Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya