Alfamart dan Nestlé Ajak UKM Bangkit di Festival UKM Sabang-Merauke

Festival UKM ini merupakan upaya Alfamart dan Nestlé untuk membantu dan memberdayakan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di seluruh Indonesia.

 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno saat membuka Festival UKM Class 2022 secara daring. (Tangkapan layar-Istimewa)

SOLOPOS.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno saat membuka Festival UKM Class 2022 secara daring. (Tangkapan layar-Istimewa)

Solopos.com, TANGERANG — PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk bekerja sama dengan Nestlé, menggelar Festival UKM Class 2022 bertemakan “Warisan Leluhur” dengan ribuan peserta dari Sabang sampai Merauke, Kamis (27/1/2022).

Festival UKM ini merupakan upaya Alfamart dan Nestlé untuk membantu dan memberdayakan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di seluruh Indonesia.

PromosiMengenal S.G. Alan Thomas, Atlet Serba Bisa yang Prakarsai Piala Thomas

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin, berharap Festival UKM Class Alfamart 2022 yang didukung Nestlé ini, rutin digelar untuk memperkuat pengetahuan dan strategi bisnis para pelaku UKM di Tanah Air.

“Kuncinya adalah inovasi dan adaptasi. Kita berharap para pelaku UKM bisa memanfaatkan forum bisnis ini untuk memperkaya pengetahuannya. Sehingga dapat diterapkan di bisnisnya,” kata Solihin.

Baca juga: Kunci Sukses Wirausaha Muda: Gigih dan Tidak Takut Mencoba

Corporate Affairs Director Nestlé Indonesia, Sufintri Rahayu, menyampaikan bahwa program ini sangat penting untuk UMKM di Indonesia, terutama di masa pendemi. Menurutnya penyelenggaraan Festival UKM Class 2022 bersama Alfamart ini sejalan dengan ambisi Nestlé untuk maju bersama Indonesia.

Sufintri mengatakan, selama 50 tahun di Indonesia, berpegang teguh pada komitmen kami untuk berinvestasi di Indonesia. Salah satu kuncinya adalah dengan mendukung dan menaikan kelas para pelaku UMKM. Karena pihaknya percaya UMKM adalah salah satu kunci dari perkembangan ekonomi di Indonesia.

“Kami berharap program ini dapat membantu para pelaku UMKM untuk berkembang dan menyemangati mereka untuk berperan dalam mewujudkan tujuan Nestlé. Yaitu menggunakan potensi makanan untuk meningkatkan kualitas hidup setiap individu, saat ini dan generasi mendatang,” jelasnya.

Baca juga: Alfamart Jual Minyak Goreng Murah, Konsumen Diminta Membeli Wajar

Festival UKM ini dibuka secara daring oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno, di sela-sela kunjungan kerjanya ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sandiaga membuka kata sambutannya dengan sebuah pantun.

“Dari Singapura ke Batam naik kapal Feri, Tujuannya untuk main golf di Nongsa. Bersama kita ikuti Festival UKM Class Alfamart ini, demi UKM Kreatif untuk bangkitkan bangsa. Festival UKM Class Alfamart ini adalah bentuk inovasi, adaptasi dan kolaborasi yang baik. Ini adalah inspirasi yang sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia,” katanya.

Sandiaga Uni sangat mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan Alfamart bersama Nestlé dan Unilever. Pihaknya senang sekali bisa diajak berkolaborasi bersama Alfamart, khususnya untuk memajukan pelaku UKM Indonesia.

Menparekraf menambahkan, pada 2030, Indonesia diharapkan menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke-7 di dunia. Untuk mewujudkannya, di masa pandemi ini para pengusaha harus bergandeng tangan menumbuhkan optimisme dalam pemulihan ekonomi.

Bantuan Modal Usaha

Dalam acara Festival UKM Class 2022 ini, Alfamart dan Nestlé juga membagikan hadiah bagi para pelaku UKM. Selain voucher belanja Alfamart yang mencapai Rp50 juta, juga bantuan modal usaha Rp50 Juta untuk pelaku UKM yang beruntung.

Fesval ini juga mendatangkan sejumpah pembicara, seperti Indra Bekti dan Sarah Keihl, artis dan selebgram yang sukses menekuni dunia usaha. Entrepreneur yang juga anggota DPR, Sihar Sitorus, Brand Designer Rio Purba, Instagram Expert Niko Julius, owner Rumah Uis Averiana Barus.

Kemudian owner Batik Warna Alam Putri Merdekawati, CEO Plasticpay Suhendra, Virtual Store Alfamart Agung Nugroho, Tenant Relation Alfamart Arief Priyadi serta Dev. Chef Food Business Unit Nestlé Indonesia Robi Abdurrochman dan Digital Ops Manager Unilever Audi Mutaqien.

Baca juga: Pentingnya Pengembangan Model-Model Bisnis demi Optimalkan Investasi

Salah satu pelaku UKM obat-obatan herbal warisan leluhur, Andre Septiano, mengapresiasi Festival UKM Class 2022 bertemakan “warisan leluhur” ini. Owner Minyak Karo Timbang Rasa ini belajar banyak dari para pembicara terkait strategi branding dan upaya digitalisasi bisnis yang mengangkat kearifan lokal.

“Kita jadi paham strategi bisnis yang mengangkat produk kearifan lokal itu seperti apa. Jadi meskipun produknya jadul, bisa dikemas dan dipasarkan sedemikian rupa dengan adaptasi masa kini. Sehingga pasarnya juga semakin besar,” terangnya.

 

 

 

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

+ PLUS Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Pencapaian Tujuan Pembangunan Desa Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa menjadi bagian penting dari strategi mengatasi masalah kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Berita Terkini

Wow, Neraca Perdagangan April 2022 Capai Rekor, Surplus US$7,56 Miliar

Neraca perdagangan Indonesia pada April 2022 kembali surplus dibandingkan bulan sebelumnya.

2021, Indonesia Re Masih Rugi Rp517,86 Miliar

Pendapatan premi bruto PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) mencapai Rp5,12 triliun atau turun tipis sebesar 1,16% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp5,18 triliun.

Oscar Living (OLIV) Listing di BEI, Saham Naik di Awal Perdagangan

Terlaksananya IPO ini, OLIV berharap untuk terus menjadi pemimpin pasar pedagang furniture khususnya secara online serta mengambil bagian dalam industri ekonomi digital dan kreatif nasional.

Duh, Bank Bukopin (BBKP) Merugi 688 Persen, Ini Penyebabnya

Kookmin Bank dari Korea Selatan sebagai pengendali KB Bukopin mengalami pembengkakan kerugian dari Rp167,1 miliar menjadi Rp1,32 triliun per kuartal I/2022 dibandingkan tahun sebelumnya.

Kurs Rupiah ke Dolar AS Menguat, Begini Harga di BRI dan BCA

Kurs mata uang terhadap dolar AS bervariasi pada Selasa (17/5/2022).

Harga Emas Berpotensi Menguat, Ini Penyebabnya

Harga emas diperkirakan menguat pada Selasa 17 Mei 2022 sebagai imbas dari koreksi imbal hasil surat berharga pemerintah AS.

Siap Gelar Demo Besar-Besaran, Ini Lima Tuntunan Petani Sawit

Para petani bakal menggelar aksi demontrasi terkait larangan ekspor minyak goreng dan CPO di Istana Negara, Jakarta pada Selasa (17/5/2022) ini.

Kartu Prakerja Gelombang 29 Dibuka, Cek Syarat dan Ketentuannya

Sejak Minggu (15/5/2022), pendaftaran program kartu prakerja dibuka.

Arab Saudi Naikkan Kapasitas Produksi Minyak 13 Juta Barel pada 2027

Arab Saudi meningkatkan produksi minyak hingga 13 juta bph pada 2027.

Sri Lanka Lego Maskapai Nasional, Ada Apa?

Pemerintah Sri Lanka akan melego maskapai pelat merah Srilankan Airlines sebagai imbas Sri Lanka gagal bayar utang.

Digugat Rp322 Miliar Terkait Tabungan Emas, PT Pegadaian Tak Gentar

Terkait dugaan pelanggaran hak cipta layanan Tabungan Emas, PT Pegadaian menyatakan siap mengikuti proses hukum.

Menkop: Koperasi Bisa Produksi Minyak Goreng Sendiri, Ini Tujuannya

Produksi minyak goreng yang dilakukan oleh koperasi standar harus dikecualikan dan tidak harus berwarna putih atau bening.

Masih Stagnan! Simak Harga Emas 24 Karat Pegadaian, Selasa 17 Mei 2022

Pergerakan harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Selasa (17/5/2022) hari ini terpantau stagnan baik untuk cetakan Antam maupun UBS.

Sempat Anjlok 5 Sesi Pekan Lalu, Cek Prediksi Pergerakan IHSG Hari Ini

Pergerakan Indeks harga saham gabungan (IHSG) diprediksi akan menguat pada perdagangan awal besok, Selasa (17/5/2022).

Sentuh Miliaran per Bulan, Intip Gaji Direksi 10 Bank Terbesar di RI

Berdasarkan tabulasi yang dilakukan Bisnis pada Senin (16/5/2022), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) menjadi jawara bank dengan aset terbesar di Tanah Air.

Kartu Prakerja Gelombang 29 Dibuka, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

Kartu Prakerja gelombang 29 telah dibuka pada Minggu (15/5/2022). Pengumuman itu dirilis sehari setelah daftar peserta gelombang 28 diputuskan.