SOLOPOS.COM - Alex Ferguson (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Alex Ferguson (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Alex Ferguson (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Sir Alex Ferguson hari ini secara resmi mengumumkan pengunduran diri selaku manajer Manchester United. Berikut ini riwayat hidup singkat dan sejumlah pencapaian penting dalam hidupnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

– Lahir 31 Desember 1941 di Glasgow, Skotlandia.

– Menjadi pemain sejumlah klub Skotlandia seperti Queens Park, St Johnstone, Dunfermline, Rangers, Falkirk and Ayr United.

– Menjadi manajer klub East Stirlingshire, St Mirren dan Aberdeen dan menjadi pelaksana tugas manajer tim nasional Skotlandia saat Piala Dunia 1986.

– Sebelum bergabung dengan MU, dia membawa Aberdeen meraih tiga kali gelar juara liga Skotlandia dan satu gelar Cup Winners’ Cup Eropa, sekaligus memecahkan dominasi dua klub raksasa Glasgow, Rangers dan Celtic.

DI MANCHESTER UNITED :

– Ferguson mengambil alih tampuk manajer United pada 6 November 1986, setelah manajer lama, Ron Atkinson didepak.

– Dia berhasil membawa United kelaur dari zona degradasi, namun gagalk mencapai prestasi lebih baik di musim berikutnya dan sudah nyaris dipecat sebelum akhirnya United memenangi Piala FA tahun 1990, prestasi pertama baginya sejak menjadi manajer di Old Trafford.

– Dia sempat mengumumkan rencana untuk mundur dari MU tahun 2002, namun lantas batal.

– Pada Desember 2010 dia melampaui rekor Sir Matt Busby yaitu lebih dari 24 tahun menjadi manajer terlama dalam sejarah United. Dia mengakhiri musim itu dengan merebut gelar juara liga.

– Ferguson membawa MU memenangi dua kali gelar juara Liga Champions, 13 kali juara Liga Premier dan lima kali Piala FA.

– Prestasi terbesarnya tercapai tahun 1999 saat United memenangi treble yaitu Liga Champions, Liga Premier dan Piala FA.

– Gelar kebangsawanan “Sir” diberikan oleh Ratu Elizabeth II tahun 1999 itu pula, atas jasanya bagi persepakbolaan Inggris.

KEHIDUPAN PRIBADI :

– Ferguson juga sangat menggemari olahraga pacuan kuda dan menjadi salah satu pemilik bersama dua kuda pacu.

– Ferguson menikah dengan Cathy Holding tahun 1966 dan memiliki tiga putra: Mark, Darren dan Jason.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya