SOLOPOS.COM - Early Warning System Tsunami (forum,detikcom)

Early Warning System Tsunami (forum,detikcom)

GUNUNGKIDUL—Sistem peringatan dini (early warning system) rencananya akan dipasang di pantai Selatan termasuk di kawasan Gunungkidul. Sistem itu dipasang untuk meminimalisasi risiko kebencanaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DIY, Gatot Saptadi, mengatakan pengadaan sistem peringatan dini rencananya pada akhir tahun 2012. “Sudah diusulkan ke lembaga donor,” katanya, Minggu (7/10/2012).

Gatot mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi lain terkait pemasangan sistem peringatan dini ini, termasuk Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Pemerintah mendapatkan bantuan pengadaan alat ini dari sebuah lembaga dari Jerman.

Gunungkidul sendiri belum memiliki sistem peringatan dini, berbeda dengan kabupaten Bantul yang telah memiliki belasan. Dulu pemerintah pernah mewacanakan pemasangan sistem peringatan dini di Pantai Baron, Kukup, Krakal, Drini, Sundak, Sadeng serta Wediombo.

“Sarana prasananya kita siapkan lah,” kata Gatot. Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD DIY Heri Siswanto mengatakan rencananya akan ada tiga menara sistem peringatan dini yang dipasang.

Sistem itu berguna untuk memberi peringatan dini kepada warga di sekitar pantai agar menjauh dan waspada apabila tsunami atau gempa bumi terjadi. Menurutnya, sistem itu cukup diperlukan di kawasan pantai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya