SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Banjarnegara [SPFM], Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Rabu (8/6) memasang alat pendeteksi jangkauan gas beracun di sekitar Kawah Timbang, dataran tinggi Dieng, Banjarnegara. Alat tersebut dipasang di delapan titik pada radius 1,5 kilometer dari bibir Kawah Timbang. Dengan pemasangan itu, jumlah alat yang telah dipasang menjadi 12 unit.

Ketua Tim Tanggap Darurat PVMBG Umar Rosadi, Rabu (8/6) mengatakan, sejauh ini alat yang ada di Pos Pengamatan Gunung Api Dieng baru terpasang seismograf dan telemetri laju rendah. Telemetri laju rendah tersebut dipasang di Kawah Timbang untuk mengetahui kadar gas CO2 yang keluar dari kawah. Namun, belum ada alat yang digunakan untuk mengetahui jangkauan dan sebaran gas beracun tersebut. Umar mengungkapkan, PVMBG masih melarang warga untuk masuk ke lokasi radius 1 kilometer dari Kawah Timbang. [MIOL/Dtp]

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya