Mark Zuckerberg (Reuters)

Solopos.com, SOLO – Facebook tengah berupaya menintegrasikan tiga aplikasi besutannya, Messenger, Whatsapp, dan Instagram. CEO Facebook, Mark Zuckerberg, sedang mempertimbangkan rencana tersebut demi memudahkan pengguna mengirim pesan.

Dikabarkan GSM Arena, Sabtu (26/1/2019), ketiga platform di bawah naungan Facebook, Messenger, Whatsapp, dan Instagram, tetap bekerja secara berpisah. Namun, secara infrastruktur, ketiga aplikasi itu akan disatukan lewat penyandian ulang. Nantinya, rancangan tersebut memungkinkan pengguna mengirim pesan antar-ketiga platform.

Misalnya, pengguna Whatsapp bisa mengirimkan pesan teks untuk pengguna Instagram tanpa perlu berganti aplikasi. Begitu pula sebaliknya. Adapun tujuan Mark Zuckerberg adalah menggabungkan enskripsi ketiga platformnya. Nantinya, rencana ini berpotensi mengubah cara miliaran pengguna aplikasi tersebut untuk berkomunikasi. Di saat yang bersamaan, hal ini memperkuat cengkeraman Facebook atas penggunanya yang berjumlah lebih dari 2,6 miliar.

Dalam sebuah pernyataan, Facebook menegaskan ingin memberikan pengalaman pengiriman pesan terbaik bagi pengguna. Jadi, mereka mengubah pola pengiriman pesan menjadi lebih sederhana dan cepat. "Kami berusaha membuat layanan pesan lebih nyaman digunakan. Anda bisa berdiskusi dengan nyaman tanpa perlu mengkhawatirkan apapun," demikian penjelasan resmi dari Facebook.

Rencana penggabungan platform tiga aplikasi pesan instan itu masih dalam tahap awal. Proyek ini ditargetkan selesai akhir 2019 atau awal 2020. Guna mewujudkannya, Facebook mengerahkan pegawainya menyusun ulang fungsi dasar ketiga aplikasi tersebut.

Rencana itu muncul lantaran Facebook terus menjadi sorotan dalam dua tahun terakhir. Facebook dituding terlibat dalam proses pemilihan umum di beberapa negara sekaligus wadah penyebaran hoaks.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten