SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Alas kaki sendal jepit saat mengemudi mobil. (Arrivealive.co.za)

Solopos.com, SOLO — Selain sepeda motor, mobil juga menjadi alat transportasi yang digunakan masyarakat. Ada sejumlah aturan untuk pengemudi mobil.

Selain kondisi kendaraan, pengemudi mobil juga harus memenuhi syarat umur dan memiliki surat izin mengemudi atau SIM.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kemudian ada sejumlah aturan yang harus dipatuhi seorang pengemudi, yakni harus menggunakan sabuk pengaman, tidak boleh ugal-ugalan.

Memang ada faktor yang beririsan dengan unsur keselamatan (safety) mengemudi dan tak boleh disepelekan. Salah satunya soal alas kaki dalam mengemudi mobil.

Sebenarnya pedal gas, rem dan kopling pada mobil biasa dan gas serta rem di mobil matik, harus ditekan dengan alas kaki yang aman.

Baca juga: Musim Kemarau Datang, Lakukan Ini Pada Mobil Anda

Dikutip dari Auto2000.co.id, alas kaki tersebut harus membungkus telapak, dan bila perlu mata kaki dengan sangat baik.

Jangan sampai alas kaki juga menjadi obyek yang malah mengganggu. Misal alas kaki terlalu sempit atau sebaliknya atau ada tali yang tidak terikat dengan benar dan mengganggu.

Lantas bagaimana dengan sendal jepit, mengingat alas kaki ini sempat viral setelah kakorlantas Polri mengimbau untuk tidak digunakan saat mengendarai motor.

Mengemudi menggunakan sendal jepit tentu tidak direkomendasikan. Sebab akan sangat banyak potensi bahayanya.

Baca juga: Ini Daerah Yang Terapkan Pemutihan Pajak Kendaraan, Cek Bro!

Sendal jepit bisa saja terjadi kekakuan pada saat kaki menekan pedal. Bahkan akan menjadi sangat fatal jika sendal terlepas dan mengganjal pedal rem ataupun gas.

Jika terjadi kecelakaan, sendal jepit juga tak mampu memberikan proteksi yang maksimal. Jadi sebaiknya tidak pakai sendal jepitketika hendak mengemudi mobil.

Selain sendal jepit, alas kaki yang tidak dianjurkan untuk dikenakan saat mengemudi mobil. Khusus untuk pengemudi wanita, sangat tidak dianjurkan untuk mengenakan sepatu hak tinggi alias high heels untuk mengemudi.

Mengingat desain sepatu hak tinggi tersebut yang menekuk kaki membuat pergerakan kaki pengemudi jadi sulit dan akan mengurangi feeling saat menginjak pedal-pedal.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya