SOLOPOS.COM - Ilustrasi memakai alas bedak mengandung SPF. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Saat ini sudah ada banyak produk kecantikan seperti alas bedak hingga bedak padat dan tabur mengandung SPF dengan kandungan SPF 15 hingga 20. Masalahnya benarkah produk tersebut efektif melindungi kulit dari sinar matahari?

Seorang dermatologi asal India, dr. Jushya Bhatia Sarin mengatakan menjelaskan bahwa SPF 30 ketika dicampur ke dalam alas bedak tidak seefektif tabir surya SPF 30 murni.  Dia menyarankan penggunaan tabir surya diperlukan meski berada di dalam ruangan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jika akan pergi ke luar rumah, setidaknya dibutuhkan tabir surya dengan kadar SPF 30 untuk melindungi diri mulai dari kepala hingga ujung kaki secara memadai.  “Ini berarti alas bedak sebanyak 1 sampai 1,5 sendok teh diperlukan untuk seluruh wajah dengan asumsi bahwa alas bedak tersebut benar-benar SPF 30, namun kebanyakan formula yang digunakan pada make-up tidak seperti itu,” ujar Sarin seperti dilansir Indian Express dan Antaranews.com pada Kamis (23/9/2021).

Baca Juga: Bermanfaat bagi Tubuh, Bikin Smoothie Bowl untuk Sarapan Yuk!

Tabir surya harus bisa menutupi semua bagian kulit yang terbuka termasuk pada garis rambut dan leher serta tempat-tempat lain yang mungkin terlewati oleh riasan. Menurut Sarin bahwa alas bedak dengan SPF sama sekali tidak efektif melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

“Memiliki lebih banyak perlindungan dari matahari bukanlah hal yang buruk. SPF akan selalu kehilangan efeknya sepanjang hari, itulah mengapa harus menerapkan ulang setiap dua-tiga jam sekali sangat penting,” kata dr. Sarin.

“Jadi memiliki alas bedak yang mengandung SPF membuatnya lebih mudah untuk mengaplikasikan ulang SPF yang sudah mulai luntur fungsinya,” lanjutnya.

Sarin juga menyarankan untuk tetap menggunakan produk khusus tabir surya sebelum memakai alas bedak, kemudian lapisi dengan foundation yang mengandung SPF sebagai perlindungan tambahan.

Berikut ini cara memakai tabir surya di wajah yang telah dibubuhi make up seperti dikutip dari alodokter.com, Kamis (23/9/2021):

1. Pilih sunblock wajah dengan SPF minimal 30

Untuk aktivitas sehari-hari, cukup gunakan tabir surya dengan SPF 30. Apabila Anda akan beraktivitas sepanjang hari di tempat yang terkena sinar matahari langsung, gunakan sunblock wajah dengan SPF 50.

Baca Juga: Kontroversi MSG, Berbahaya atau Tidak untuk Tubuh?

Tetap gunakan sunblock wajah meski Anda beraktivitas di tempat teduh atau di dalam ruangan. Ini karena sinar matahari tetap dapat memancarkan radiasi. Jadi, saat beraktivitas, bagaimana pun cuacanya, tetap gunakan sunblock yang dilengkapi SPF.

2. Oleskan sunblock ke seluruh area sekitar wajah

Sebelum menggunakan make up, oleskan sunblock ke seluruh wajah. Pastikan Anda benar-benar mengoleskannya secara merata, termasuk daerah leher dan telinga. Gunakan sunblock setidaknya 15 – 30 menit sebelum beraktivitas ke luar.

Baca Juga: Jadi Produk Keluarga Broken Home, Anak Ikke Nurjanah Buktikan Tidak Broken

3. Aplikasikan make up

Pada umumnya, masalah yang akan dihadapi adalah terjadinya penumpukan antara lapisan sunblock dan alas bedak sehingga wajah terkesan tebal dan tampak seperti mengenakan topeng. Agar hal ini tidak terjadi, pakailah alas bedak (foundation) bertekstur ringan. Setelah itu, lanjutkan dengan bedak padat karena partikelnya dapat menahan sunblock dan pelembap pada tempatnya. Anda juga dapat memilih bedak padat yang mengandung SPF.

4. Jangan lupa bibir

Bibir juga butuh perlindungan. Sinar UV tidak hanya berdampak buruk pada kulit, tapi juga bibir. Oleskan pelembap bibir atau lipstik yang memiliki kandungan SPF 15 untuk menghalau sinar UVA dan UVB. Jika beraktivitas di luar ruangan, pilihlah yang memberikan hasil akhir matte. Pasalnya lipstik atau lip gloss yang mengkilap malah menarik lebih banyak sinar UV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya