SOLOPOS.COM - Ilustrasi merawat tumit. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Saat ingin memanjakan kaki, hal pertama kali yang muncul di benak kebanyakan orang adalah pedikur atau perawatan kuru dan jari yang menenangkan. Pedikur bermanfaat untuk membantu mengendurkan otot-otot kaki, menenangkan kaki yang lelah, serta dapat pula membantu merawat tumit pecah-pecah.

Namun ternyata, pedikur dengan bahan kimia akan berbahaya jika dilakukan terlalu sering. Sebaiknya, pedikur dilakukan sekali dalam sebulan.

Promosi BRI Terbitkan Green Bond pada 2024 Senilai Rp2,5 Triliun

Karena itu, sebaiknya menggunakan bahan alami seperti lemon dan lidah buaya. Selain aman digunakan, juga bisa lebih ekonomis.

Gatak dan Tawangsari Sudah Kena, Tak Ada Lagi Kecamatan di Sukoharjo Yang Zero Covid-19

Tumit pecah-pecah merupakan masalah yang sering dihadapi setiap orang. Solusi yang tepat untuk merawat tumit pecah-pecah yaitu merendam kaki dengan campuran lidah buaya dan lemon.

Dikutip dari dari Boldsky, Senin (13/7/2002), inilah bahan-bahan alami dan cara merawat kulit tumit:

Bahan

2 sdm gel lidah buaya
½ lemon
1 sdt minyak pohon teh
1 sdm garam
1 sdm cuka sari apel

Cara

Ambillah air dalam ember kecil dan masukkan garam yang sudah disiapkan! Kemudian rendamlah kaki Anda selama 10-15 menit dengan rileks!

Rendaman air garam ini dapat membantu untuk menghilangkan sel kulit mati dan melembutkan kulit, terutama pada tumit yang pecah-pecah. Setelah itu, angkatlah kaki Anda kemudian gosok tumit menggunakan scrubber kaki selama lima menit dab bersihkan kaki dengan handuk bersih!

Pelajar Berseragam SD Tampak di Cangakan Karanganyar, Gimana Nih Disdikbud?

Langkah selanjutnya ambillah ember lain berisi air hangat, masukkan gel lidah buaya dan lemon! Aduk rata, kemudian tambahkan minyak pohon teh dan sari cuka apel!

Rendamlah kaki selama 20-25 menit, setelah itu bersihkan dengan handuk! Langkah terakhir jangan lupa untuk mengoleskan pelembab di tumit Anda, supaya selalu terjaga kelembapannya.

Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya