Kategori: Sragen

Alamak! Berawal Retak di Lantai, Rumah Warga Jenar Sragen Akhirnya Longsor


Solopos.com/Muh Khodiq Duhri

Solopos.com, SRAGEN -- Satu unit rumah milik Eko Prawito, 40, warga Dukuh Betari RT 11, Desa Jenar, Kecamatan Jenar, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, rusak akibat dilanda longsor pada Selasa (15/12/2020).

Informasi yang dihimpun Solopos.com, tanda-tanda akan adanya longsor itu sudah terlihat sejak Senin (14/12/2020) siang. Hujan deras memang mengguyur Desa Jenar dalam beberapa hari terakhir.

Guyuran hujan itu membuat tanah tempat berdiri rumah Eko Prawito gembur. Pada saat itu, pemilik rumah sudah melihat tanda-tanda akan adanya longsor.

Jenazah Pelda Eka Budi Ditemukan 2 Km dari TKP Kecelakaan Mobil Patroli Tertabrak KA

Hal itu ditandai dengan munculnya retakan di permukaan lantai rumah yang kebetulan berlokasi di atas tebing.

Pemilik rumah kemudian menguruk retakan dengan tanah. Namun pada Selasa (15/12/2020) pukul 04.00 WIB, rekahan di permukaan lantai itu makin lebar hingga terjadilah longsor.

"Longsoran tanah memiliki panjang kurang lebih 15 meter, lebar 5 meter, dengan kedalaman tebing kurang-lebih 10 meter. Lantai rumah bagian dapur dan kandang kambing ambles dua meter," papar Kasubag Humas Polres Sragen, Iptu Suwarso, mewakili Kapolres Sragen, AKBP Yuswanto Ardi.

Tempat Berlindung

Tidak ada korban jiwa dalam dalam musibah tanah longsor tersebut. Eko Prawito bersama keluarga langsung mencari tempat berlindung begitu ada tanda-tanda terjadinya longsor.

Wanita Ini Ninggal Motor di Jembatan Jurug hingga Dikira Lompat Ke Bengawan Solo, Ternyata...

Akibat musibah itu, pemilik rumah diperkirakan mengalami kerugian sekitar Rp2 juta.

"Selanjutnya, warga sekitar dibantu relawan dari BPBD Sragen serta TNI-Polri bekerja bakti membongkar rumah demi menjaga keselamatan pemilik rumah," terang Iptu Suwarso.

Geger! Pasutri di Pacitan Ditemukan Meninggal Tanpa Busana di Kamar Mandi

Share
Dipublikasikan oleh
Rohmah Ermawati