SOLOPOS.COM - Akun Instagram Lokananta Dibajak, Netizen Diminta Waspada Penipuan Tebus Murah iPhone. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Chief Executive Officer (CEO) Lokananta, Wendi Putranto menjelaskan kondisi akun Instagram Lokananta yang dihack berada di luar dugaan. Walau demikian, Lokananta PNRI sudah melaporkannya ke pihak yang berwajib pada Jumat (9/6/2023).

“Pagi ini teman-teman Lokananta PNRI akan melapor ke pihak kepolisian, karena sudah ada korban yang mentransfer sejumlah uang kepada penipu,” terang dia saat dihubungi Solopos.com, pada Jumat (9/6/2023).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengelola juga sudah melaporkan kondisi ada korban yang telanjur mentransfer sejumlah uang ke OJK Solo.

Wendi menjelaskan, ada dua Instagram yang dikelola lokananta, yaitu Lokananta_musik dan Lokanantabloc. Dua akun tersebut dipegang oleh dua lembaga atau organisasi yang berbeda.

Lokananta_musik yang memiliki sekitar 14.000 pengikut tersebut masih dioperasikan oleh pengelola lokananta lama, atau Lokananta PNRI. Sementara Lokanantabloc dikelola M Bloc Grup.

“Ini [@Lokananta_musik] yang kemarin di hack oleh siapa, kemudian mengganti password dan kemudian mengambil alih dari konten,” ujar dia.

Wendi mengatakan hackers telah memosting konten yang cukup aneh di akun Instagram @Lokananta_musik. Postingan tersebut menawarkan IPhone kepada netizen dengan sejumlah varian. Ada pula dicantumkan nomor yang bisa dihubungi untuk modus penipuan.

“Sejauh ini sudah ada tiga korban yang lapor, dan disuruh datang di Lokananta untuk ambil handphone, padahal kami tidak ada sama sekali program seperti itu,” kata dia.

Wendi menyebutkan tiga korban tersebut masing-masing sudah mentransfer sekitar Rp8 juta kepada pelaku penipuan.

Dari @Lokanantabloc, pengelola menginformasikan agar netizen berhati-hati terhadap modus penipuan yang beredar di Instagram lokananta saat ini.

Ke depan, Wendi sudah berkoordinasi dengan pihak Lokananta PNRI untuk menyelaraskan konten yang diposting. Sehingga hanya satu akun yang akan digunakan untuk fokus menguggah konten Lokananta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya