Akuisisi Newmont ditentukan Juni

JAKARTA: Kementerian negara BUMN, Senin (25/5,) menyatakan negosiasi harga saham Newmont Nusa Tenggara (NNT) rencananya akan dilakukan mulai Juni 2009. Kementerian BUMN sudah menginstruksikan kepada BUMN, khususnya dari sektor tambang untuk mempersiapkan diri mengakuisisi NNT.

Pendanaan sendiri tidak harus berasal dari BUMN tambang,melainkan bisa juga dari sektor lainnya yang punya arus kas kuat. Pemerintah berharap bisa menguasai minimal 20-30% sehingga berhak menempatkan seorang komisaris dan direksi. Hal ini dimaksudkan agar pemerintah bisa menempatkan wakil agar akses dan pengawasan lebih besar.

Salah satu BUMN yang dikabarkan akan membeli saham NNT adalah Aneka Tambang (ANTM). ANTM saat ini sedang mengkaji mengkaji melakukan sindikasi dalam mengakuisisi 17% saham NNT senilai AS$800 Juta lantaran kas internal ANTM tidak cukup untuk melakukan akuisisi tersebut sendirian. Terlebih, saat ini likuiditas pasar keuangan masih ketat sehingga beban dan resiko akan semakin besar.

Selain itu dalam menunjang ekspansi jangka perseroan, maka ANTM akan mengakuisisi 2 tambang emas lagi selain tambang Cibaliung yang saat ini tengah difinalisasi. Pihak ANTM masih melakukan kajian untuk akuisisi tambang baru tersebut. Dana akuisisi tersebut akan diambil dari belanja modal perseroan pada tahun ini yang sebesar AS$ 265 Juta. (Vibiznews)

Avatar
Editor:
Budi Cahyono


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom