SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SEMARANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka rahasia penampilannya yang selalu prima meski bekerja hampir tidak pernah beristirahat. Selain sudah terbiasa bekerja keras, menurut Presiden, dirinya setiap pagi rutin minum jamu, temulawak 80 persen dan jahenya 20 persen.

“Saya memang sudah 17 tahun ini saya minum rutin pagi itu jamu, jamu. Berkali-kali sudah saya sampaikan membuat sendiri, temulawak 80 persen, jahenya 20 persen setiap pagi hanya pagi buat sendiri dan perut belum terisi sudah minum itu,” kata Presiden Jokowi menjawab salah seorang redaktur dalam kunjungannya ke Semarang, Sabtu (2/2/2019) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Presiden, temulawak menggandung curcuma yang membangun di dalam tubuh, terutama di sisi pencernaan, di ginjal semuanya, di hati semuanya diperbaiki di situ. Ditambahkan Presiden, dirinya juga sudah tiga tahun ini juga membiasakan tiga kali minum kelapa hijau setiap pekan.

“Ini baru sekitar 3 tahun, kalau yang tadi udah 17, 18 tahun,” ujar Kepala Negara sebagaimana dikutip dari Setkab.go.id, Minggu (3/2/2019).

Namun stamina yang lain, menurut Kepala Negara, yang bisa memperbaiki hati dan pikiran itu sulit. Yang sulit di situ, difitnah ya senyum, dihina-hina ya senyum, dimaki-maki ya senyum, direndahkan orang ya senyum gitu aja.

Yang Penting Kualitas

Sebelumnya Presiden Jokowi kebiasaannya untuk bekerja keras itu sudah lama, karena dulunya sebagai seorang pengusaha yang produknya diekspor juga harus on time delivery. Karena itu, Presiden mengaku biasa bekerja dari subuh sampai tengah malam, bahkan subuh sampai subuh biasa.

“Saya pernah saat dolar waktu tinggi-tingginya di tahun 1998, enggak pulang saya kerja, tidur mungkin hanya 1–2 jam di pabrik, karena saya tahu ini, enggak ini akan muncul kesempatan seperti yang kedua. sehingga saya gunakan kesempatan itu menaikkan kapasitas produksi dengan yang biasanya 1 shift jadi 3 shift,” ungkap Presiden.

Mengenai badannya yang tetap seperti sekarang, sejak jadi Walikota Solo, Presiden menjelaskan, kadang-kadang kalau kelihatan gemuk itu bukan badannya, tapi karena bajunya diperbesar.

Namun Presiden menekankan jogging dua kali dalam sepekan. Sementara di sisi lain, setiap hari dirinya juga jalan-jalan.

Yang pasti, lanjut Presiden kalau masuk ke hotel atau masuk rumah pasti sudah tengah malam. Seperti waktu dari Rembang masuk ke hotel di Surabaya pukul 01.00, setelah subuh langsung ada kegiatan lagi.

“Ya seharianya seperti itu, dan kalau sudah masuk hotel kan enggak mungkin langsung tidur kan. Emang tidurnya sedikit tapi yang penting kualitasnya betul,” terang Presiden Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya