SOLOPOS.COM - HuJia-and-ZengJinyan-250x250

HuJia-and-ZengJinyan-250x250

Beijing (Solopos.com)–Salah satu aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) terkemuka di China, Hu Jia, dibebaskan. Ia dipertemukan kembali dengan keluarganya setelah menjalani hukuman penjara selama 3 tahun 6 bulan atas tuduhan subversi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hu dihukum pada tahun 2008 karena dituduh menghasut subversi serta mengkritik masalah HAM di China. Para pendukungnya menganggap Hu pantas mendapatkan hadiah Nobel Perdamaian, sebelum akhirnya jatuh ke Liu Xiaobo, aktivis pro demokrasi China, tahun lalu.

“Dia kembali ke rumah dengan orangtuanya dan saya,” kata istri Hu, Zeng Jingyan, melalui telepon seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (26/6/2011).

“Saya tidak tahu apakah dia dapat berbicara nanti. Saat ini, saya ingin semuanya damai. Saya khawatir kalau melakukan wawancara sekarang, dapat menyebabkan masalah. Harap mengerti,” ucap Jiangyan singkat.

Bebasnya Hu Jia hanya beberapa selang beberapa waktu sejak dibebaskannya Ai Weiwei, artis terkemuka dan aktivis China. Pembebasan itu juga dilakukan pada saat Perdana Menteri China Wen Jiabao berada di Eropa dalam kunjungan kenegaraannya ke Hungaria, Inggris, dan Jerman.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya