Aksinya Super Keren! Polisi Cilik SDN 3 Boyolali Curi Perhatian Pengunjung CFD

Aksi Polisi Cilik (Pocil) SDN 3 Boyolali binaan Satlantas Polres Boyolali menghibur pengunjung car free day (CFD) di depan Monumen Susu Tumpah, Minggu (22/9/2022) pagi.

 Aksi Polisi Cilik (Pocil) SDN 3 Boyolali di car free day (CFD), Minggu (25/9/2022). Sebanyak 33 Pocil melakukan 12 gerakan pengaturan lalu lintas. (Solopos.com/Nova Malinda)

SOLOPOS.COM - Aksi Polisi Cilik (Pocil) SDN 3 Boyolali di car free day (CFD), Minggu (25/9/2022). Sebanyak 33 Pocil melakukan 12 gerakan pengaturan lalu lintas. (Solopos.com/Nova Malinda)

Solopos.com, BOYOLALI — Aksi Polisi Cilik (Pocil) SDN 3 Boyolali binaan Satlantas Polres Boyolali menghibur pengunjung car free day (CFD) di depan Monumen Susu Tumpah, Minggu (25/9/2022) pagi. Pocil SDN 3 Boyolali berhasil menampilkan 12 gerakan pengaturan arus lalu lintas dalam satu komando dengan lihai.

Pengajar Pocil di SDN 3 Boyolali, Subagyo mengucapkan terima kasih atas perhatian dan antusias yang luar biasa dari warga Boyolali saat penampilan Pocil. Jumlah Pocil yang dibina di SDN 3 Boyolali ada 34 orang dengan formasi satu komandan. Peserta Pocil berasal dari kelas IV, V, dan VI SDN 3 Boyolali.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Saat di area CFD, Pocil SDN 3 Boyolali itu juga sukses menghipnotis ratusan warga Boyolali melalui penampilan mengibur lainnya. Pocil SDN 3 Boyolali menjadi pionir Pocil di Boyolali yang cukup berprestasi dan seringkali diundang dalam beberapa acara di Boyolali.

“Waktu itu di Polda mendapat Juara Harapan I. Di samping itu, sering sekali diundang mengisi event di tingkat kabupaten, seperti saat serah terima jabatan Kapolres atau pedang pora, Hari Jadi Boyolali, Hari Bhayangkara, dan lainnya,” ucap dia kepada Solopos.com.

Komandan Pocil SDN 3 Boyolali, yakni siswa kelas VI yang bernama Muhammad Fauzi. Dia biasa berlatih Pocil setiap hari saat menjelang event.

Baca Juga: Boyolali Segera Layani SIM Khusus Tuli, Jadwal Tunggu Instruksi Pusat

“Kalau menjelang event, latihan setiap hari. Kalau hari-hari biasa satu atau dua pekan sekali,” ucap dia.

Fauzi merasa dirinya keren ketika bisa menjadi seorang Pocil. Saat disinggung soal cita-citanya, Fauzi dengan cepat menjawab ia ingin menjadi bagian dari Akademi Kepolisian (Akpol).

Peserta Pocil lainnya, Nadira Lakeidha Az Zahra merasa senang dan menemukan banyak manfaat setelah ikut Pocil. Dengan menjadi Pocil, Nadira bisa lebih disiplin dan akrab dengan teman-temannya. Selain itu, ia lebih tau soal gerakan-gerakan lalu lintas.

“Ada 12 gerakan. Itu dimasukkan dalam pembelajaran sekolah. Contohnya itu memperlambat kendaraan dan menghentikan gerakan,” ucap dia.

Baca Juga: Penerimaan Tamtama Polri Dibuka hingga 21 September, Begini Cara Daftarnya

Kanit Kamsel Satlantas Polres Boyolali, Ipda Budi Purnomo, mengatakan kegiatan Pocil bertujuan membentuk karakter dan melatih disiplin anak. Pocil juga menjadi sarana belajar menjadi polisi sesuai cita-cita mereka.

“Memberikan pengetahuan anak-anak sejak usia SD di bidang lalu lintas. Sehingga anak-anak tahu bagaimana berkendara dengan baik, melakukan penyeberangan yang berkaitan dengan bidang lalu lintas. Kami berikan pengetahuan 12 pengaturan arus lalu lintas. Mereka tahu bagaimana cara menghentikannya dan cara memperlambat arus,” ucap dia.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 2 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Kamis (1/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 2 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa disimak di sini.

      Proyek Kantor Pemkab Sragen Terpadu Senilai Rp98 Miliar Mulai Dilelang

      Selama November-Desember 2022 sudah ada kegiatan di 2023 yang dilelang, terutama untuk kegiatan konsultan pengawas proyek yang nilainya ratusan juta rupiah.

      Pastikan Kondusivitas Kamtibmas, Polsek Kartasura Sukoharjo Sambangi Cakades

      Sebanyak tiga calon kepala desa menjadi sasaran dialog kamtibmas tersebut antara lain tiga cakades Ngemplak, dua cakades Gumpang, dan lima cakades Pabelan.

      Kirab Loji Gandrung-Mangkunegaran, Ini Kuda Langganan Presiden Jokowi

      Pernikahan Kaesang-Erina dimulai dengan kirab 12 kereta kuda yang ditarik 28 ekor kuda dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12/2022).

      Desa Masuk Area Konsesi PT Alexis, Ini Tanggapan 2 Cakades Keloran Wonogiri

      Dua Cakades Kaloran Wonogiri menyambut positif PT Alexis yang akan menambang di wilayah Kaloran.

      Kronologi Warga Desa Pilangsari Sragen Tertabrak Kereta, Sempat Diteriaki Warga

      Sempat diteriaki ada kereta, korban yang juga penyandang disabilitas rungu tidak menderngar saat KA Argo Wilis melintas.

      5.000 Sukarelawan Jokowi Menginap di AHD Boyolali Sebelum ke Pernikahan Kaesang

      Pengelola AHD Boyolali memastikan bisa menampung 5.000 sukarelawan Jokowi yang akan menghadiri pernikahan Kaesang-Erina.

      Melihat Kamboja Berguguran: Apa yang Kematian Berikan untuk Kehidupan

      Suwarsono menatap denah TPU lama sementara si tunggon itu berdiri mematung. Siklus kematian dan kehidupan itu pun berputar. Saat kematian tiba, seorang tunggon menanti datangnya uang untuk meneruskan hidupnya.

      Boyolali Hujan Ringan sejak Pagi Hari, Cek Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini diprediksi hujan ringan sejak pagi, Jumat (2/12/2022).

      Sukoharjo Berawan Sepanjang Hari, Cek Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Menurut prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Sukoharjo berawan sejak pagi, Jumat (2/12/2022).

      Penghentian Siaran TV Analog Ternyata Tak Terjadi di Wonogiri

      Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Wonogiri, Heru Nur Iswantoro, mengklaim kebijakan analog switch off (ASO) atau penghentian siaran televisi (TV) analog tak akan terjadi di Wonogiri.

      Soal Penghentian Siaran TV Analog, Diskominfo Klaten Tunggu Informasi Resmi

      Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Klaten belum menerima informasi resmi terkait analog switch off (ASO) atau penghentian siaran televisi terestrial analog dilakukan di sejumlah wilayah di Jawa Barat dan Jawa Tengah mulai Jumat (2/12/2022).

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Jumat Ini: Cerah Berawan Pagi

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 2 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 2 Desember 2022, Tanpa Hujan

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 2 Desember 2022, Dominan Berawan

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.