Tutup Iklan

Aksi Vandalisme di Tugu Puncak Merbabu Bikin Prihatin

 Ilustrasi Tenda didirikan di Pos III Pendakian Gunung Merbabu. (Mariyana Ricky P.D./JIBI/SOLOPOS)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tenda didirikan di Pos III Pendakian Gunung Merbabu. (Mariyana Ricky P.D./JIBI/SOLOPOS)

Tugu di Gunung Merbabu menjadi sasaran aksi vandalisme.

Solopos.com, BOYOLALI — Aksi vandalisme terjadi di puncak Gunung Merbabu. Para pelaku menyasar tugu puncak triangulasi pada ketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut (mdpl). Pada tugu yang dibangun Desember 2017 itu terdapat coretan yang diperkirakan dibuat dengan spidol permanen.

Lambang merah putih pada tugu bertuliskan “Balai Taman Nasional Gunung Merbabu” dan “Aset Negara” itu juga tak luput dari tangan jahil pelaku vandalisme. Hasil vandalisme ini juga diabadikan dengan video dan diunggah ke media sosial Instagram melalui akun @mountnesia, Senin (15/1/2018).

Dalam keterangan video ditulis “Bangunannya mulai rusak dan ada coretan. Info @rahmatsyar_ : Keadaan tugu baru Gunung Merbabu terkini, pertengahan Januari 2018 sudah banyak oret-oretan. MERAH PUTIH pun tak luput dari aksi orat-oret. Hanya Puncak Trianggulasi saja, sementara Puncak Kentengsongo masih aman sedangkan Puncak Syarif belum tau karna ga sempet nengok.

Menanggapi adanya aksi vandalisme tersebut, Kepala Balai Taman Nasional Gunung (BTNG) Merbabu Edy Sutiyarto mengaku merasa prihatin. Menurutnya, imbauan mengenai keharusan menjaga ketertiban dan kebersihan di gunung selalu disampaikan kepada setiap pendaki.

“Vandalisme ini tidak hanya terjadi di gunung tetapi di fasilitas umum pun vandalisme ada. Untuk yang di gunung ini memang kami sayangkan karena tidak semestinya pendaki gunung melakukan hal itu. Apalagi, bangunan itu masaih tergolong baru karena dibangun Desember 2017 lalu,” ujarnya saat ditemui di kantornya di jalan Boyolali-Magelang, Selasa (16/1/2018).

Untuk mengantisipasi terjadinya hal serupa, pihaknya akan memperketat pemeriksaan barang bawaan kepada para pendaki melalui petugas di basecamp jalur pendakian. Bahkan jika perlu, pihaknya akan melakukan penggeledahan terhadap mereka.

“Selama ini pendaki diperiksa, tetapi memang tidak seksama. Tapi dengan adanya kejadian ini, kami akan perketat lagi. Jika perlu, mereka [pendaki] digeledah sebelum naik,” kata dia.


Berita Terkait

Espos Plus

Data Jadi Urat Nadi Ekonomi Digital, Kepercayaan adalah Jantungnya

+ PLUS Data Jadi Urat Nadi Ekonomi Digital, Kepercayaan adalah Jantungnya

Bagi perusahaan siber, privasi, keberlanjutan, perlindungan hukum, dan keamanan fisik berjalan beriringan dengan kepercayaan karena semuanya saling berhubungan.

Berita Terkini

Rekomendasi Jurusan Soshum dengan Prospek Kerja yang Bagus

Berikut ini terdapat rekomendasi juruan Soshum yang memiliki prospek pekerjaan bagus. Kira-kira apa saja?

Waspada Erupsi Gunung Semeru, Ini Peringatan dari PVMBG

PVMBG melaporkan bahwa erupsi kembali terjadi di Gunung Semeru pada Senin (6/12/2021) pagi.

Upadate! 15 Orang Meninggal & 27 Hilang Akibat Erupsi Gunung Semeru

Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB memperbarui data korban jiwa maupun korban yang hilang akibat erupsi Gunung Semeru.

Tetap Bugar di Usia 89 Tahun, Inilah Resep dari Mbah Gandung Klaten

Walau sudah berusia 89 tahun, Mbah Gandung tetap sehat sehingga terus membuka Warung Brongkos Cipto Gandung di Desa Gondangan, Kecamatan Jogonalan, Klaten.

Banjir Rendam 3 Kecamatan di Lombok Barat NTB, Begini Kondisinya

Banjir yang melanda beberapa bagian wilayah Pulau Lombok terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi yang turun sejak Minggu (5/12/2021) hingga Senin pagi

+ PLUS Data Jadi Urat Nadi Ekonomi Digital, Kepercayaan adalah Jantungnya

Bagi perusahaan siber, privasi, keberlanjutan, perlindungan hukum, dan keamanan fisik berjalan beriringan dengan kepercayaan karena semuanya saling berhubungan.

Pengusaha Jersey Wonogiri Peraih Penghargaan PLN Punya 80.000 Reseller

Pengusaha jersey asal Kabupaten Wonogiri, Jumariyanto, yang meraih penghargaan kategori Wirausaha Niaga Tangguh (Gold Appreciation) dari PT PLN (Persero), ternyata memiliki 80.000 reseller.

Gunung Semeru Kembali Luncurkan Awan Panas Sejauh 2,5 Km

Awan panas mengarah ke Besuk Kobokan

Tugas Melanjutkan Transformasi Bagi Dirut Baru PLN Darmawan Prasodjo

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN 2021 menetapkan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN, menggantikan Zulkifli Zaini.

LDA Keraton Solo Gelar Kirab Budaya 90 Tahun Pakasa, Ini Foto-Fotonya

Pakasa dibentuk oleh Paku Buwono (PB) X pada tahun 1931

Ini Pengakuan Siskaeee Pernah Ditawari Main Film Hot dan Open BO

Siskaeee mengaku memiliki banyak fans lelaki, kerap membagikan video seksi, dan pernah mendapat tawaran main film panas, tetapi dia menolak tawaran kencan maupun booking online (BO).

Semeru Erupsi, Operasional Kereta Api di Jawa Timur Berjalan Normal

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memastikan operasional Kereta Api di wilayah Jawa Timur saat ini masih berjalan normal kendati terjadi erupsi Gunung Semeru.

Ikatan Cinta 6 Desember 2021: Penculik Andin Minta Uang Tebusan

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Senin, 6 Desember 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Ada di Jalanan Solo, Ini Arti Fungsi Marka Jalan Yellow Box Junction

Apa sih arti dan fungsi marka jalan Yellow Box Junction yang kerap ditemukan di simpang perempatan di Kota Solo, Jawa Tengah?

Perbandingan UMK Tahun 2021/2022 di 35 Kabupaten/Kota Jawa Tengah

Rata-rata UMK tahun 2022 di 35 kabupaten/kota di Jateng mengalami kenaikan antara Rp1.403, 11 hingga Rp27.066,05 apabila dibandingkan dengan tahun 2021.