SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Medan–Aksi unjukrasa seratusan mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) di depan gedung rektorat, Kamis (27/5) sore berakhir bentrok.

Dalam peristiwa itu, seorang satpam kampus mengalami luka akibat pecahan kaca, sedang belasan mahasiswa mengalami luka memar akibat terkena pentungan satpam.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Bentrokan terjadi setelah seratusan mahasiswa dari berbagai fakultas kesal karena pihak rektorat USU tidak bersedia menemui para mahasiswa yang telah berunjukrasa sekitar dua jam lamanya. Tidak mendapat tanggapan, mahasiswa kemudian mendesak masuk ke dalam gedung rektorat. Aksi saling dorong terjadi hingga mengakibatkan kaca pintu utama gedung rektorat pecah.

Ekspedisi Mudik 2024

Satpam menjadi marah setelah mengetahui salah seorang rekannya terluka akibat terkena serpihan kaca. Dengan membabi-buta satpam mengejar dan menggebuki mahasiswa menggunkan pentungan rotan. Akibatnya belasan mahasiswa mengalami luka memar.

Tidak terima dengan arogansi satpam, mahasiswa dari halaman luar langsung menghujani gedung rektorat dangan lemparan batu. Kordinator aksi, Ari mengatakan, aksi mahasiswa hanya meminta penjelasan pihak rektorat yang menaikkan uang Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) sampai 100 persen untuk mahasiswa baru yang efektif berlaku pada ajaran mendatang.

“Kami kecewa dengan pihak rektor yang tak mau menjelaskan alasan menaikkan uang kuliah sampai seratus persen. Saat ingin bertemu, satpam kampus arogan dan menendang mahasiswa. Kami langsung melawan dan mendesak masuk,” kata Ari.

Sementara Kepala Satpam USU, Wara Sinuhaji mengatakan, kenaikan SPP telah diputuskan melalui Surat Keputusan (SK)Rektor USU sebelumnya, Chairudin P Lubis. “Sudah ada SK yang menjelaskan kenaikan uang kuliah dari rektor sebelumnya. Kalau mahasiswa aksi damai, pihak rektor tentu akan mau bertemu,” kata Sinuhaji.

dtc/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya