SOLOPOS.COM - Gunung Merbabu dilihat dari arah Boyolali. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

Gunung Merbabu dilihat dari arah Boyolali. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

BOYOLALI-Sejumlah warga Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, yang tinggal di lereng Gunung Merbabu, mengaku tidak menyangka wilayahnya bisa menjadi lokasi latihan penembakan oleh terduga kelompok teroris. Namun warga menegaskan tidak akan mengizinkan para teroris itu menginjakkan kaki di wilayah itu jika mengetahui keberadaan mereka.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Ya kalau mengetahui keberadaan mereka, tentunya kami tidak akan mengizinkan mereka masuk ke Selo,” tegas salah seorang warga Selo, Kardi, ketika ditemui wartawan di Kecamatan Selo, Selasa (11/9/2012). Menurut Kardi, segenap warga setempat siap mengambil tindakan jika mengetahui jejak para terduga teroris tersebut. “Kami siap bertindak kalau benar para teroris itu ada kegiatan di sini [Kecamatan Selo],” tegasnya.

Pantauan Solopos.com, masyarakat di lereng Gunung Merbabu tersebut beraktivitas seperti biasa. Sebelum ini Mabes Polri merilis dugaan bahwa kelompok teroris yang terlibat aksi penyerangan dengan target kepolisian di wilayah Solo berlatih di Pos II Gunung Merbabu.

Ditemui terpisah, Kapolres Boyolali, AKBP Budi Haryanto menegaskan sejauh ini telah melakukan peningkatan pengamanan, terutama di obyek-obyek yang dinilai vital. Pihaknya telah menginstruksikan jajarannya untuk memperkuat pengamanan tersebut. “Ya saya sudah keliling ke polsek-polsek, selain untuk memberi semangat kepada jajaran saya, juga memberikan langkah-langkah pengamanan markas maupun personel yang ditugaskan di obyek-obyek vital, seperti bank. Sudah saya berikan arahan juga, bagaimana cara bertindak untuk pengamanan tersebut,” papar Kapolres.

Namun menurut Kapolres, langkah antisipasi oleh jajaran kepolisian itu tidak akan berhasil jika tanpa didukung peran serta dan partisipasi aktif masyarakat. ”Tentunya kami juga membutuhkan dukungan partisipasi dari masyarakat, terutama menginformasikan kepada petugas,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya