SOLOPOS.COM - Bocah warga Palestina, Huseen Awad, menangisi kematian ayahnya saat upacara pemakaman di Jalur Gaza (JIBI/Harian Jogja/Reuters/Suhaib Salem)

Aksi sosial yang disuarakan KNRP untuk membantu warga Palestina.

Harianjogja.com, KULONPROGO – Dukungan spritual dan materi menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh warga Palestina. Komite Nasional Rakyat Palestina (KNRP) gelar tabligh akbar untuk menggalang bantuan dari masyarakat Kulonprogo di Gedung Kaca Pemkab Kulonprogo, Sabtu (20/6/2015).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua KNRP Nasional Suripto mengatakan, lembaga ini mempelopori agar masyarakat Indonesia memahami dan menyadari penderitaan masyarakat Palestina. Hingga saat ini, rakyat Palestina masih harus merasakan penjajahan yang dilakukan oleh Israel.

“Terutama anak-anak Palestina, mereka masih merasa diintimidasi oleh aparat Israel. Saat berangkat sekolah harus digeledah dan diperiksa,” ujar Suripto.

Suripto mengungkapkan, dalam tabligh akbar tersebut KNRP tidak hanya menggalang dana untuk diberikan kepada rakyat Palestina. Bantuan doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Kulonprogo juga sangat penting. Selain itu, bantuan relawan juga amat dibutuhkan lembaga sosial kemanusiaan ini.

Lebih lanjut Suripto menjelaskan, bentuk bantuan relawan diberbagai bidang juga sangat strategis. Dia menyebutkan, rusaknya bangunan Masjidil Aqsa membutuhkan bantuan dari relawan Indonesia yang mampu membantu di bidang pembangunan.

“Seperti yang diketahui, masjid ini adalah bagian dari sejarah Islam, yaitu Isra’ Miraj. Butuh peranan relawan pembangunan untuk memperbaiki bangunan ini. Selain itu, relawan pendidikan untuk bisa membantu anak-anak Palestina,” jelas Suripto.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo menambahkan, sudah menjadi kewajiban masyarakat dunia untuk membantu sesama. Hasto menuturkan, kegiatan sosial yang dilakukan KNRP tidak terlepas dari cita-cita bangsa Indonesia. Di mana dalam dasar negara telah dituliskan, bangsa Indonesia juga memiliki peranan untuk memerdekakan seluruh bangsa di dunia.

“Maka dari itu, kegiatan ini kami harap dapat turut memacu masyarakat Kulonprogo untuk turut serta membantu Palestina,” imbuh Hasto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya