AKSI POLISI : Begini Kocaknya Kampanye Anti Hoaks Polisi Semarang

AKSI POLISI : Begini Kocaknya Kampanye Anti Hoaks Polisi Semarang

SOLOPOS.COM - Potongan video milik Humas Polrestabes Semarang yang mengajak masyarakat memerangi hoaks. (Instagram-@humasrestabessmg)

Aksi polisi dalam mengajak masyarakat memerangi hoaks cukup menghibur.

Solopos.com, SEMARANG – Aparat Polrestabes Semarang mengajak masyarakat untuk turut memerangi hoaks yang dapat memicu beragam masalah. Aksi polisi itu dilakukan mengingat kini sudah memasuki tahapan pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tegah (Pilgub Jateng) dalam rangkaian pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018 sehingga situasi dianggap rawan tersebarnya hoaks atau kabar bohong.

Ajakan aparat Polrestabes Semarang untuk memerangi hoaks itu disampaikan melalui sebuah video yang diunggah di akun Instagram @humasrestabessmg, Kamis (8/2/2018). Aksi polisi dalam mengajak masyarakat memerangi hoaks atau kabar bohong dalam video yang diunggah itu dikemas dalam cerita yang terbilang lucu.

Dikisahkan ada dua kelompok yang terpancing amarah lantaran mendapatkan hoaks yang dibuat salah satu pihak tak bertanggung jawab. Ketika dua kelompok tersebut hendak melakukan tindakan anarkistis, polisi menyetop mereka dan memberitahu bahwa penyebar hoaks sudah tertangkap. Pada akhir video, dua kelompok dan para polisi itu justru berjoget ria demi melupakan masalah yang dipicu kabar bohong.

Pada keterangan video upaya turn back hoax itu, Humas Polrestabes Semarang mengajak masyarakat untuk tak mudah mempercayai kabar yang memang diragukan kebenarannya. "Imbauan kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya terhadap berita hoaks," tulis pengelola akun Instagram milik Humas Polrestabes Semarang tersebut.

Sontak aksi aparat Polrestabes Semarang dalam upaya turn back hoax menjelang pilkada atau lebih tepatnya Pilgub Jateng 2018 itu sanggup menyedot perhatian netizen. Bahkan, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi turut me-repost video polisi tersebut di akun Instagramnya, @hendrarprihadi, Jumat (9/2/2018).

Di akun Instgaramnya itu, sang wali kota Semarang mengajak masyarakat untuk berani melaporkan penyebar hoaks kepada pihak berwajib. "Kalau ada yang menyebarkan hoaks – laporkan saja ke kepolisian / klik 'report as spam' tidak perlu saling hantam," ajak Hendrar Prihadi. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.