SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali  (Espos)–Warga di sejumlah desa di wilayah Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, mengaku resah. Kondisi tersebut terjadi akibat maraknya aksi pencurian hewan ternak di beberapa desa di wilayah itu selama sebulan terakhir ini.

Namun selain sapi dan kambing, pelaku pencurian yang diduga berjumlah lebih dari satu orang itu juga pernah beraksi di warung dan menggasak sejumlah barang lainnya milik warga yang menjadi sasaran tindak kejahatan mereka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Desa (Kades) Jelok, Widodo Waluyo saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (17/5), membenarkan hal tersebut. “Di wilayah Desa Jelok, kasus pencurian pertama terjadi saat ada warga yang kehilangan hewan ternaknya, yakni berupa kambing, disusul aksi pencurian di warung milik salah seorang warga kami.Berikutnya, ada warga yang kehilangan empat ekor sapinya,” ujar Widodo.

Dikemukakan Widodo, maraknya aksi pencurian hewan ternak tersebut mulai terjadi sekitar 10 hari menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Boyolali.

Semula warga menduga aksi tersebut sengaja digencarkan oleh oknum-oknum tertentu yang dinilai tidak bertanggung jawab untuk mengacaukan situasi menjelang dilaksanakannya Pilkada pada 9 Mei lalu.

Namun pasca-Pilkada, Widodo mengakui kasus pencurian masih saja terjadi di wilayah tersebut. Dalam sebulan terakhir ini, komplotan pencuri tersebut bahkan juga beraksi di dua desa lainnya, yakni Mliwis dan Cabean.

Menyikapi hal itu, Widodo mengatakan warga pun sepakat untuk memperketat keamanan di wilayah tersebut dengan memberlakukan jaga malam dan memasang palang maupun portal di semua jalan masuk masing-masing dukuh.

Tidak hanya di Desa Jelok, warga di beberapa desa lainnya di wilayah Kecamatan Cepogo pun melakukan hal yang sama. Menurut keterangan warga Dukuh Gudang, Desa Sumbung, Muh Ikhsan, 64, meskipun Desa Sumbung saat sekarang belum ditemukan kasus pencurian hewan ternak, warga di desa tersebut juga memperketat kemanan untuk mengantisipasi aksi pencurian di wilayah itu.

sry

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya