SOLOPOS.COM - Warga Nigeria melakukan aksi protes di Lagos, Nigeria, Rabu (14/5/2014) dan meminta agar 200 siswi sekolah dilepaskan. (JIBI/Solopos/Reuters/Akintunde Akinleye)

Solopos.com, WASHINGTON — Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, mengerahkan pasukan tentara militer ke Chad untuk membantu dalam pencarian lebih dari 200 siswi Nigeria yang diculik kelompok militan Boko Haram bulan lalu.

Hal tersebu disampaikan Obama di depan anggota Kongres AS, Rabu (21/5/2014). “Personil ini akan mendukung operasi intelijen, pengawasan dan pengintaian pesawat untuk misi di Nigeria Utara dan sekitarnya,” tulis Obama dalam sebuah surat pada pemimpin kongres dikutip Reuters.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Obama menambahkan, pasukan tersebut akan tetap berada di Chad sampai dukungan untuk membantu pemerintah Nigeria itu tidak diperlukan lagi. Sebelumnya, AS telah mengerahkan pesawat tak berawak untuk melacak keberadaan Boko Haram. Seorang pejabat senior pemerintahan Obama mengatakan pesawat tak berawak itu tetap telibat dalam misi tersebut.

Obama mendapat kecaman dari beberapa anggota parlemen di Capitol Hill karena tidak cekatan dalam mencari 200 siswi sekolah yang hilang itu. Pesawat pengintai AS juga dikerahkan untuk terbang di atas daerah terpencil timur laut Nigeria selama dua minggu. Selain itu, Pentagon mencapai kesepakatan akhir pekan lalu untuk memungkinkan berbagi informasi intelijen langsung dengan pemerintah Nigeria.

Pemerintah AS juga telah mengirimkan pejabat dari Departemen Luar Negeri dan FBI ke Nigeria untuk membantu pencarian. Siswi sekolah diculik pada April 2014 lalu dari sebuah sekolah di wilayah Nigeria.

Kawasan yang berbatasan dengan Kamerun, Niger, dan Chad, itu memang jarang penduduk. Penculikan tersebut mendapat perhatian dunia terutama Amerika Serikat, ibu negara, Michelle Obama, mengungkapkan berduka atas kejadian tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya