SOLOPOS.COM - Anggota Denpom 4/IV Solo Kopral Kepala Partika Subagyo (memanggul batu) unjuk kebolehan dalam uji ketahanan fisik dengan berlari dan berjalan selama 24 jam nonstop mengelilingi Pura Mangkunegaran, Kamis (4/10/2012). Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menyambut HUT TNI yang ke-67. (Foto: JIBI/SOLOPOS/ Sunaryo Haryo Bayu)

Anggota Denpom 4/IV Solo Kopral Kepala Partika Subagyo (memanggul batu) unjuk kebolehan dalam uji ketahanan fisik dengan berlari dan berjalan selama 24 jam nonstop mengelilingi Pura Mangkunegaran, Kamis (4/10/2012). Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menyambut HUT TNI yang ke-67. (Foto: JIBI/SOLOPOS/ Sunaryo Haryo Bayu)

SOLO–Kopral Kepala (Kopka) Partika Subagyo, kerap disapa Kopral Bagyo, 56, Jumat (5/10/2012) sukses beraksi berjalan mengelilingi Pura Mangkunegaran Solo selama 24 jam sejak Kamis (4/10/2012). Selama itu pula Bagyo telah berjalan sejauh 86,4 kilometer (km).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam rentang 24 jam mengelilingi Pura Mangkunegaran itu, Bagyo hanya makan dua kali, pukul 15.00 WIB dan 24.00 WIB.

Menunya adalah sayur bayam seperti lakon kartun Popeye yang kekuatannya timbul berkat makan bayam. Sebelum melaksanakan aksi itu, 20 butir telur ayam kampung yang menjadi bekal energi. Dia menelan telur-telur itu dua jam sebelum menjalankan aksinya.

Selama 24 jam menapaki jalan di seputar Mangkunegaran bukan hal yang ringan. Terik matahari Solo, Kamis siang menjadi rintangan pertamanya. Peluhnya bercucuran. Capinglah yang menudungi kepalanya, mengurangi sengatan mentari.

Pada malam hari yang cukup berangin, dia melanjutkan perjalanannya ditemani nyala obor yang berjajar di sepanjang trotoar Mangkunegaran.

Selama berkeliling tembok Pura Mangkunegaran, ada saat-saat tertentu yang ia rasakan cukup berat yakni pukul 03.00 WIB hingga 07.00 WIB. Bukan karena lelah, tapi rasa kantuklah yang ia rasakan. Namun, rasa itu hilang berkat mental kuat yang ia tanamkan di pikirannya. Terbayar sudah, 24 jam itu ia selesaikan dengan 72 putaran.

”Bukan karena sok, tapi aksi saya ini sebagai wujud partisipasi merayakan hari besar instansi saya [HUT TNI]. Saya juga ingin menunjukkan bahwa Kota Solo ini aman. Berbagai elemen masyarakat kompak menjaga kota ini,” ungkap anggota Denpom IV/4 Surakarta ini saat ditemui JIBI/SOLOPOS, Jumat.

Lokasi Pura Mangkunegaran dipilihnya karena identik dengan sosok Pangeran Sambernyowo alias RM Said, raja pertama Mangkunegaran. Perjuangannya menjadi spirit bagi Kopka Bagyo dalam melakukan aksinya. (Habis)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya