AKSI DEMO : Massa Tuntut Wali Kota Tegal Mundur

AKSI DEMO : Massa Tuntut Wali Kota Tegal Mundur

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Aksi demo terjadi di Tegal, Rabu (20/5/2015). Sejumlah elemen meminta Wali Kota Siti Masitha mundur dari jabatannya.

Kanalsemarang.comm TEGAL-Massa yang tergabung dalam Aliansi Kebangkitan Rakyat Tegal mengepung gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat menuntut Wali Kota Tegal, Jawa Tengah, Siti Masitha mundur dari jabatannya, Rabu.

Aksi massa yang terdiri atas anggota Korpri, BEM STIMIK, BEM UPS, IMM, Organisasi Pedagang Taman Poci (Orpeta), Organisasi Pedagang Balai Kota Lama (OPBAMA), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), dan Organisasi Pedagang Alun-Alun dilakukan setelah mereka menggelar apel siaga dan orasi di depan gerbang Balai Kota Tegal.

Massa minta Ketua DPRD Kota Tegal, Edy Suripno agar mengawal tuntutannya agar Wali Kota Siti Masitha meletakkan jabatannya.

Pelaku orasi, Agus Slamet mengatakan ratusan massa menuntut anggota DPRD mengambil sikap tegas terhadap Siti Masitha yang telah menyembabkan Kota Tegal tidak kondusif.

"Kami mendesak pada anggota dewan menggunakan haknya yaitu hak angket atau hak interpelasi terhadap Wali Kota Tegal, Siti Masitha," katanya.

Masyarakat menilai selama ini anggota dewan pasif tentang persoalan Kota Tegal yang sudah tidak kondusif, bahkan laporan dari Korpri, PDAM, dan masyarakat soal wali kota seolah tidak direspons.

"Jika anggota dewan tidak melakukan hak angket atau hak interpelasi terhadap Siti Masitha maka masyarakat mencabut dukungannya kepada anggota dewan. Oleh karena itu, kami minta Siti Masitha maupun Ketua DPRD harus mundur," katanya.

Pendemo memaksa menduduki gedung DPRD dengan mendirikan tenda di dalam gedung. Akan tetapi tidak diizinkan oleh Sekretaris Dewan Kota Tegal, Toto Subagyo dengan alasan selain mengenai keamanan juga akan mengganggu pelayanan.

Pendemo hanya diizinkan mendirikan tenda di luar gedung DPRD.

Anggota Fraksi Golkar DPRD Kota Tegal, Sisdiono Ahmad mengatakan sebanyak 15 anggota dewan termasuk Ketua DPRD sedang melakukan kunjungan kerja ke Semarang untuk konsultasi soal pansus tanah.

"Hari ini [Rabu] 15 anggota dewan termasuk Ketua DPRD sedang di Semarang, memperjuangan soal tanah. Kita harus menghormati kerja dewan, jangan emosi, sedang 14 anggota dewan lainnya saya tidak tahu, jadi di dalam tidak ada anggota dewan,"katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini

2.035 Kendaraan Berpelat Luar Daerah Diperiksa di Perbatasan Prambanan

Tim gabungan telah memeriksa 2.035 kendaraan dari berbagai jenis menjelang Lebaran 2021.

Motor Sport Kecelakaan di Jl. Slamet Riyadi Solo, 1 ABG Luka Parah

Kecelakaan lalu lintas melibatkan 2 sepeda motor dan 1 mobil terjadi di Jl. Slamet Riyadi di timur Simpang Ngarsopuro, pada Selasa (11/5/2021) malam.

Batik Qur'an di Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Batik Qur'an di Laweyan, Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Pasar, Pusat Kuliner, Hingga Sangiran Sragen Tetap Buka Saat Libur Lebaran

Sejumlah fasilitas umum dan pelayanan publik seperti pasar, tempat wisata dan Dispendukcapil Sragen tetap buka selama libur Lebaran.

Penanganan Covid-19 Jelang, Selama dan Setelah Libur Idul Fitri

Secara umum, tingkat kasus aktif Covid-19 dan kesembuhan di Indonesia masih lebih baik daripada global.

4 Orang Positif Tes Antigen, Mal Di Solo Boleh Tetap Buka

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo membolehkan mal dan pusat perbelanjaan tetap buka kendati ada empat orang yang positif tes antigen.

Di Usia 75 Tahun, Vespa Hadirkan 7 Warna Baru Penuh Gaya

7 warna baru yang menawan khusus untuk jajaran Vespa Primavera dan Vespa Sprint.

Tak Gelar Open House, Apa Agenda Wali Kota Solo Gibran dan Keluarga Saat Lebaran?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan tidak akan menggelar open house baik di rumah dinas maupun balai kota pada Lebaran ini.

Ayo Kurangi Mobilitas, Demi Mencegah Persebaran Mutasi Virus Corona

Masuknya varian Covid-19 dari luar negeri telah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia. Masyarakat pun diimbau untuk mengurangi mobilitas demi mencegah persebaran mutasi virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Rabu 12 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Rabu, 12 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

MUI Perbolehkan Salat Id Digelar Berjemaah, Begini Ketentuannya

Pelaksanaan salat Id hanya diperuntukkan untuk wilayah dengan status zona hijau.

Bawa Mobil Karatan, Wanita Cantik Ini Bagi-Bagi Duit & Sembako Di Solo

Seorang wanita cantik membagi-bagikan sembako dengan berkeliling menggunakan mobil pikap karatan di wilayah Kota Solo.