SOLOPOS.COM - Pedagang Pasar Klewer Solo melakukan aksi damai untuk menolak keberadaan pedagang bermobil yang melakukan aktivitas jual beli di sekitar pasar, Senin (27/2/2017). (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Koran Solo)

Pedagang Pasar Klewer menolak keberadaan pedagang bermobil.

Solopos.com, SOLO — Ratusan pedagang Pasar Klewer Solo melakukan aksi damai untuk menolak keberadaan pedagang bermobil yang memangkal di kawasan pasar setempat, Senin (27/2/2017). Mereka mendatangi satu per satu lokasi-lokasi memangkalnya pedagang bermobil di sekitar Alun-alun Utara Keraton Solo dan meminta pedagang bermobil tidak berjualan di sekitar pasar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Aksi berlangsung sekitar pukul 09.00 WIB. Para pedagang Pasar Klewer yang telah berkumpul di depan Masjid Agung Solo lalu berjalan ke arah area parkir sisi utara Pasar Klewer sisi timur. Di tempat tersebut mereka melakukan orasi sambil memberikan selebaran berisi tuntutan pedagang Pasar Klewer agar para pedagang bermobil tidak berjualan di sekitar Pasar Klewer.

Mereka juga memperingatkan kepada masyarakat agar tidak membeli barang dagangan dari pedagang bermobil. Koordinator lapangan aksi pedagang Pasar Klewer, Tafif Harjono, mengatakan aksi tersebut merupakan aksi damai untuk menolak pedagang bermobil.

“Sudah bertahun-tahun masalah pedagang bermobil ini tidak terselesaikan. Kalau setelah ini tidak ada respons dari pemerintah, setiap hari pun kami siap melakukan aksi turun ke jalan lagi,” kata dia kepada wartawan saat ditemui di sela aksi damai di sekitar Alun-alun Utara Keraton Solo, Senin.

Dia mengatakan pada aksi tersebut pihaknya memperingatkan para pedagang bermobil untuk tidak melakukan aktivitas jual beli secara langsung kepada konsumen di sekitar pasar. Menurutnya hal tersebut merugikan para pedagang Pasar Klewer.

“Harusnya pembeli masuk ke pasar, tapi sudah dicegat di luar pasar. Kami berharap pedagang bermobil fokus sebagai pemasok barang saja, tidak melayani konsumen langsung,” kata dia.

Pedagang bermobil yang berada di sisi utara alun-alun, Ita, mengatakan kebanyakan yang mengambil barang miliknya adalah pedagang Pasar Klewer. “Kebanyakan orang Klewer yang ambil. Kalau pembeli lain kebanyakan orang Solo. Saya juga tidak melayani eceran. Kalau melayani perorangan kebanyakan saya lakukan di rumah,” kata wanita asal Pekalongan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya