SOLOPOS.COM - Baterai Samsung (Phonearena)

Aksesori smartphone terbaru berupa baterai sedang dikembangkan Samsung dan MIT.

Solopos.com, CALIFORNIA — Perusahaan asal Korea Selatan, Samsung, bersama Massachusetts Institute of Technology (MIT) sedang mengembangkan aksesori smartphone berupa baterai baru yang tidak mudah rusak. Baterai itu juga memiliki potensi abadi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Ubergizmo, Jumat (21/8/2015), aksesori smartphone yang dikembangkan itu merupakan material baru yang digunakan untuk komponen dasar baterai. Material itu adalah electrolyte solid atau padat. Material itu memiliki keunggulan untuk meningkatkan ketahanan baterai dan kapasitas storage agar lebih aman.

Material electrolyte dalam bentuk cair merupakan salah satu faktor yang menyebabkan baterai meledak. Sebagian besar baterai lithium dalam aksesori smartphone menggunakan electrolyte cair.

Dalam beberapa kejadian, electrolyte cair bisa membuat smartphone terbakar atau meledak. Menurut salah satu profeso MIT, Gerbrand Ceder, dengan menggunakan electrolyte padat tidak akan membuat baterai meledak atau terbakar.

“Apabila Anda menggunakan bahan electrolyte padat, tidak ada yang akan terbakar di dalamnya, meski dikabar atau dilempar ke tembok,” ucap Gerbrand Ceder.

Selain itu, baterai dengan electrolyte cair semakin lama digunakan akan rusak karena sering diisi ulang. Namun, electrolyte padat tidak akan rusak dan hal itu membuat baterai itu bisa abadi atau bertahan selamanya.

MIT saat ini berusaha mengembangkan baterai abadi itu bersama Samsung Advanced Institute of Technology, University of California,San Diego dan University of Maryland, Amerika Serikat.

Baterai terbaru itu merupakan terobosan yang sangat luar biasa karena bisa menghilangkan kelemahan baterai lithium ion yang saat ini beredar luar di pasaran.

Belum diketahui secara pasti jadwal perilisan aksesori smartphone berupa baterai abadi itu di pasaran internasional. Bisa jadi, pengembangan baterai abadi itu membutuhkan waktu bertahun-tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya