Akses Wikipedia Tak Lagi Gratis

Akses Wikipedia Tak Lagi Gratis

SOLOPOS.COM - Logo Wikipedia. (wikipedia.org)

Sebelumnya, situs Wikipedia sendiri bisa diakses secara bebas tanpa mengkonsumsi data mobile pengguna.

Solopos.com, NE W YORK – Wikimedia Foundation mengumumkan akan menyelesaikan program Wikipedia Zero (program gratis) di tahun ini. Imbasnya, laman Wikipedia bakal tak bisa diakses secara gratis lagi.

Wikipedia menjadi salah satu situs terpopuler di berbagai negara. Pasalnya situs ini menyediakan berbagai artikel pengetahuan yang kerap dijadikan sebagai referensi.

Situs Wikipedia sendiri bisa diakses secara bebas tanpa mengkonsumsi data mobile pengguna. Namun kini, Wikipedia tak bisa lagi diakses secara gratis sebagaimana biasanya.

Hal ini dilakukan seiring berakhirnya kemitraan Wikipedia dengan 97 operator seluler di 72 negara yang menghapus biaya data untuk mengakses ensiklopedia secara online.

Dirilis pada 2012, program Wikipedia Zero menyediakan akses gratis ke lebih dari 800 juta orang di negara-negara berkembang seperti Myanmar dan Nepal. Namun kini diakui Wikimedia Foundation bahwa biaya data meningkat seiring berkembangnya industri dengan capat di era digital.

“Untuk menciptakan semua pengetahuan dunia, kami memerlukan partisipasi dari dunia. Tapi kami tahu ada banyak hambatan untuk mewujudkan visi ini, keterjangkauan harga hanya salah satunya saja,” kata Wikimedia Foundation dalam sebuah posting blog yang dikutip CNet, Selasa (20/2/2018).

Selain itu, dorongan untuk zero-rating di negara-negara berkembang juga telha membuat dukungan publik Wikipedia terkait netralitas menjadi rumit. Konsep netralitas bersih mendikte semua trafik internet harus diperlakukan sama, dan operator seharusnya tidak menawarkan akses murah atau lebih cepat ke situs-situs tertentu secara online.

Wikimedia Foundation berkata Wikipedia Zero bukanlah program komersial dan tidak melibatkan pertukaran pembayaran atau pemberian hak eksklusif kepada operator.

Namun, chief culture and talent officer di Wikimedia Foundation - Gayle Karen Young, pada 2014 mengatakan bahwa organisasi tersebut memiliki hubungan yang rumit dengan netralitas bersih.

"Kami percaya pada netralitas bersih di Amerika. Bermitra dengan perusahaan telekomunikasi dalam hubungan dekat, ini mengaburkan garis netralitas bersih di wilayah-wilayah tersebut, namun memenuhi misi keseluruhan kita, yang memberikan pengetahuan gratis," katanya.

Meski akhirnya program akses gratis Wikipedia dihentikan, organisasi itu akan mengexplorasi lebih banyak cara untuk melayani negara berkembang, termasuk dengan kampanye yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan misi Wikipedia di berbagai negara.

"Keberhasilan ini telah memberi kami beberapa gagasan untuk membuat kemitraan kami selanjutnya... dan di tahun yang akan datang, kami akan mengeksplorasi cara lain untuk memanfaatkan temuan dari penelitian kami dan program Zero Wikipedia untuk mengarahkan masa depan bersama dengan mitra," ujar Wikimedia Foundation.

Berita Terkait

Berita Terkini

Klaster Sangon Kulonprogo Tambah 45 Kasus Baru, Total Menjadi 107

Klaster sangon di Kabupaten Kulonprogo terus mengalami penambahan kasus positif. Ada tambahan 45 kasus baru sehingga total jadi 107 kasus.

DK PBB Segera Bahas Palestina, Indonesia Pesan ke 3 Negara

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengirimkan pesan kepada menlu tiga negara terkait Palestina menjelang rapat Dewan Keamanan PBB.

Kapolda Jateng: Balik Ke Jakarta Wajib Bawa Hasil Swab dan Surat Izin

Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol. Ahmad Luthfi meminta masyarakat yang hendak balik ke Jakarta membawa hasil uji swab dari fasilitas kesehatan lokal.

Israel Runtuhkan Kantor Al Jazeera & AP di Gaza

Gedung kantor media internasional Al Jazeera asal Qatar dan Associated Press asal Amerika Serikat di Jalur Gaza runtuh dibom Israel.

28 Pemudik ke Jateng Positif Covid-19

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus mengimbau masyarakat Jateng di perantauan untuk tidak mudik Lebaran 2021 demi mencegah Covid-19.

1,5 Juta Orang Bakal Balik ke Jabodetabek

Sebanyak 1,5 juta orang diperkirakan bakal berkendara memasuki wilayah Jabodetabek selama periode arus balik mudik Lebaran 2021.

Kapal Penangkap Ikan Indonesia Kecelakaan di Samudera Hindia

Kementerian Luar Negeri menginformasikan adanya kapal penangkap ikan bernama KM Bandar Nelayan 188 yang kecelakaan mengalami kebocoran di Samudera Hindia.

Ini Nama-Nama Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali

Sebanyak sembilan orang menjadi korban perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Sabtu (15/5/2021) siang WIB. Sementara 11 orang lainnya dinyatakan selamat.

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.