SOLOPOS.COM - Lanud Adi Soemarmo Solo akan membatasi akses jalan di kompleks Lanud Adi Soemarmo Solo mulai Senin (27/4/2020) pukul 18.00 WIB-06.00 WIB dari gapura hingga RSAU Lanud Adi Soemarmo. (Istimewa/Dok. Pentak Lanud Adi Soemarmo Solo)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pangkalan Udara atau Lanud Adi Soemarmo akan membatasi akses pengendara melintas di kompleks Lanud Adi Soemarmo tepatnya di Jl Tentara Pelajar mulai Senin (27/4/2020) pukul 18.00 WIB hingga 06.00 WIB.

Informasi perihal pembatasan akses di Jl Tentara Pelajar itu beredar melalui pesan aplikasi whatsapp. Pembatasan akses dimulai dari gapura masuk kompleks Lanud Adi Soemarmo di dekat perempatan Kecamatan Colomadu hingga RSAU dr. Siswanto Lanud Adi Soemarmo. Pada pesan berantai disebutkan dasar pembatasan itu adalah telegram rahasia (TR) Asisten Operasi (Asops) Kepala Staf TNI Angkatan Udara (AU).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Komandan Lanud Adi Soemarmo, Kolonel (Pnb) Adrian P. Damanik, membenarakan informasi tersebut. Pembatasan dilakukan dengan pertimbangan upaya pencegahan persebaran Covid-19.

"Pemberlakukan mulai Senin jam 18.00 WIB sampai jam 06.00 WIB. Sementara seperti itu sambil kami evaluasi. Pembatasan akses jalan yang di depan mako sampai rumah sakit," kata Komandan Lanud seperti disampaikan melalui Penerangan dan Perpustakaan (Pentak) Lanud Adi Soemarmo Solo, Minggu (26/4/2020).

Ekspedisi Mudik 2024

Jadwal Imsakiyah Kota Solo, Senin 27 April 2020

Pembatasan akses diberlakukan kepada pengendara pada jam tersebut dan tidak memiliki kepentingan di kompleks Lanud Adi Soemarmo dan sekitarnya. Kendaraan yang mengangkut bahan bakar minyak, kebutuhan sembako, dan kebutuhan lain masih dapat melintas.

Sebelum memberlakukan pembatasan akses, Lanud Adi Soemarmo sudah melakukan upaya lain seperti menggelar operasi terhadap pengendara yang melintas di jalan tersebut.

"Semacam operasi, orang yang lewat dan tidak menggunakan masker itu kami arahkan balik kanan atau tidak lewat jalan itu. Mudah-mudahan ini bisa mengedukasi masyarakat supaya membatasi keluar rumah pada malam hari. Kami juga mengantisipasi kriminalitas," ujar dia.

Persis Solo Depak Bruno Casimir

Patuhi Protokol Pencegahan Covid-19

Pembatasan akan dilakukan hingga batas waktu tidak ditentukan sembari dilakukan evaluasi. Adrian menegaskan pembatasan hanya dilakukan terhadap kendaraan yang tidak berkepentingan hendak melintas di kompleks Lanud Adi Soemarmo. Dia juga mengingatkan anggotanya untuk mengurangi intensitas keluar rumah maupun markas. Dia mengaku prihatin terhadap kondisi persebaran Covid-19.

"Kalau tidak punya kepentingan jangan lewat situ. Kan ada akses lain, jalan alternatif lain. Bisa lewat Bolon. Kami evaluasi, Senin kami lihat. Jam 06.00 WIB silakan melintas dengan catatan mengikuti protokol pencegahan persebaran Covid-19. Masyarakat yang tinggal di situ [di dalam kompleks] masih kami izinkan. Enggak langsung kami tutup total. Kami berharap masyarakat paham dan mau saling menjaga," tutur dia.

Xiaomi Redmi Note 9 Series Rilis Virtual Hari Ini

Lanud Adi Soemarmo akan menyosialisasikan kebijakan tersebut bertahap. Adrian mempersilakan masyarakat menyampaikan masukan terkait kebijakan tersebut. Selain itu Lanud Adi Soemarmo akan berkoordinasi dengan Dishub Kabupaten Karanganyar dan Polres Karanganyar perihal itu.

"Kami koordinasikan dengan Dishub dan Polres Karanganyar. Kalau ada masukan silakan disampaikan. Ini hanya pembatasan saja jadi kalau mau ke rumah sakit AU silakan. Semoga ini bisa mengedukasi masyarakat untuk tidak keluar rumah apabila penting."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya