Akses ke Bandara YIA Semakin Mudah dengan Kehadiran Tol

Akses masyarakat menuju ke Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang berada di wilayah kabupaten Kulonprogo semakin dipermudah.

 Suasana Bandara YIA saat dipotret dengan menggunakan drone pada Rabu (28/7/2021). (Istimewa/PT Angkasa Pura I)

SOLOPOS.COM - Suasana Bandara YIA saat dipotret dengan menggunakan drone pada Rabu (28/7/2021). (Istimewa/PT Angkasa Pura I)

Solopos.com, KULONPROGO--Akses masyarakat menuju ke Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang berada di wilayah kabupaten Kulonprogo semakin dipermudah. Khususnya, melalui akses darat dengan kehadiran tol yang langsung terkoneksi ke bandara YIA. Diharapkan, kehadiran tol mampu mendongkrak kunjungan penumpang di bandara YIA.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan PT Angkasa Pura I telah menyepakati sinkronisasi desain konektivitas jalan tol yang akan terhubung dengan YIA, yaitu jalan tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo dengan jalan akses tol menuju YIA dan jalan akses tol menuju akses YIA-Borobudur atau Kawasan Bedah Menoreh.

“Sinkronisasi tersebut disetujui oleh Direktorat Jenderal Bina Marga, Sekretariat Daerah Istimewa Yogyakarta, PT Angkasa Pura I [Persero], Badan Pengatur Jalan Tol, dan PT Jogjasolo Marga Makmur,” kata Faik Fahmi melalui keterangan tertulisnya pada Kamis (29/7/2021).

Baca Juga: Tak Kunjung Buka, Mal di Solo Dibayangi Tenant Gulung Tikar dan PHK

Adapun, kesepakatan terkait sinkronisasi desain konektivitas tol yang akan terhubung dengan YIA tersebut mencakup rencana desain akses simpang susun YIA pada jalan tol Solo-Yogyakarta-YIA dengan desain persimpangan tidak sebidang dari dan menuju YIA yang difasilitasi dengan lajur tersendiri dan menuju jalan akses YIA-Borobudur atau kawasan bedah menoreh.

“PT Angkasa Pura I senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan di bandaranya, salah satunya dengan penyediaan fasilitas dan peningkatan aksesibilitas menuju bandara. Dengan telah disepakatinya sinkronisasi desain konektivitas jalan tol yang terhubung langsung dengan bandara YIA ini,” kata Faik Fahmi.

Setelah adanya lampu hijau dari sejumlah instansi terkait dengan sinkronisasi tol menuju ke bandara YIA, tahapan selanjutnya adalah perencanaan pembangunan. Kehadiran tol menuju ke bandara YIA dalam rangka memudahkan masyarakat mengakses bandara yang terletak di wilayah pantai selatan ini.

“Maka para pemangku kepentingan dapat melakukan proses selanjutnya terkait pembangunan tol dan aksesibilitasnya sehingga akses tol dari dan menuju YIA ini dapat segera terwujud. Akses tol ini akan semakin memudahkan masyarakat untuk menjangkau YIA,” ujar Faik Fahmi.

Baca Juga: 50.000 Pelajar di Bantul Dapat Bantuan Langsung Tunai

KA Bandara

Selain akses tol, Bandara YIA juga dilengkapi oleh stasiun KA Bandara YIA. Saat ini, uji coba KA Bandara YIA sudah dilakukan. Rencananya, Agustus mendatang KA Bandara YIA sudah bisa dilaksanakan.

PPK Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Area 1 Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Tengah Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Dheky Martin mengatakan pelaksanaan uji coba dilakukan sebelum rel KA Bandara YIA resmi dioperasikan pada Agustus 2021 mendatang.

“Pelaksanaan uji coba menggunakan lokomotif dan kereta rel diesel. KRD nantinya digunakan sebagai armada pengangkut penumpang dari dan menuju YIA. KRD sendiri adalah unit kereta api yang terdiri dari beberapa gerbong dan didukung oleh satu atau lebih mesin diesel on board (terpasang),” kata Dheky.

Baca Juga: Siswa SD-SMA di Kulonprogo Dapat Bantuan Langsung Tunai Lur, Mulai Rp950.000-Rp2 Juta

Sementara itu, Pimpinan Proyek Pembangunan Bandara YIA, Taochid Purnama Hadi mengatakan guna mengejar jadwal operasional rel KA Bandara YIA pada Agustus mendatang, pihaknya melakukan pekerjaan proyek selama 24 jam dengan sistem sif.

“Pekerja proyek sudah kami siapkan dan dalam pelaksanaannya nanti menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19. Pembangunan overkapping sendiri menelan anggaran hingga Rp28 miliar dengan lebar 20 meter dan panjang 300 meter,” ujar Taochid.

Luas stasiun bandara sendiri memiliki kapasitas 1.500 meter persegi dan dapat menampung hingga 200 orang. Nantinya, pembangunan overkapping tersebut akan tersambung dengan stasiun bandara.

“Untuk fasad bangunan bakal memanfaatkan alumunium dan kaca. Sementara itu, struktur overkapping di kawasan bandara ini akan menggunakan baja dan atap memakai material metal,” kata Taochid.

Berita Terkait

Espos Premium

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Ekosistem digital tengah merebak di Indonesia seiring penetrasi Internet yang semakin meluas sehingga kebutuhan penyimpanan data semakin tinggi. Selama ini data penduduk Indonesia berada di luar negeri sehingga penarikan informasi memakan waktu dan jarak yang jauh.

Berita Terkini

DSC 12 Sinau Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng

Diplomat Success Challenge atau DSC 12 punya cara unik untuk menggugah masyarakat untuk terlibat dalam kompetisi tahunan ini.

Jika Bukan Listrik, Bahan Bakar Nabati Bisa Jadi Alternatif untuk Kendaraan Berat

Untuk mencapai emisi rendah karbon di sektor transportasi, bahan bakar nabati (BBN) dan hidrogen dinilai mempunyai peran sebagai alternatif yang bisa digunakan untuk kendaraan berat.

Ingin Bebas Finansial Personal? Simak 9 Tips Mewujudkannya

Memiliki kebebasan finansial adalah tujuan bagi banyak orang. Umumnya, kebebasan finansial dipahami sebagai individu yang mampu menjalani gaya hidup sambil mengelola keuangan.

Ini yang Dilakukan PLN untuk Memudahkan Pelanggan selama Pandemi

PLN telah mengembangkan berbagai inovasi untuk mendekatkan jarak dengan pelanggan, salah satunya dengan aplikasi PLN Mobile.

Kian Terjangkau, Tarif Tes Antigen di Stasiun jadi Rp45.000

PT Kereta Api Indonesia menerapkan tarif baru untuk layanan rapid tes antigen di stasiun dari sebelumnya Rp85.000 menjadi Rp45.000 untuk setiap pemeriksaan.

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Ekosistem digital tengah merebak di Indonesia seiring penetrasi Internet yang semakin meluas sehingga kebutuhan penyimpanan data semakin tinggi. Selama ini data penduduk Indonesia berada di luar negeri sehingga penarikan informasi memakan waktu dan jarak yang jauh.

Kembangkan Potensi Diri, Telkomsel Gelar Webinar untuk Guru dan Pelajar

Telkomsel Area Jawa Bali menggelar webinar bertemakan Asyik Bersama Digital Maksimal dengan Merdeka Belajar.

Perjalanan KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga Lebih Cepat 1 Jam

PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan percepatan waktu tempuh pada perjalanan sejumlah KA jarak jauh.

Kabar Baik untuk Army, Kopi Kenangan Hadirkan Merchandise BTS x Built NY

BTS x Built NY Project menggandeng Kopi Kenangan menjadi distributor resmi dan pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

Sharp Dukung PMI dan Rumah Sakit Terapkan Informasi Berbasis Digital

Sharp menyerahkan bantuan 13 LED TV 42 inch kepada PMI Kota Solo di Markas PMI untuk menampilkan informasi stok darah dalam waktu nyata.

Kunjungi Solo, Menko Airlangga Beri Dukungan untuk UMKM Rumahan

Menko Airlangga Hartarto mengunjungi salah satu kelompok pemberdayaan masyarakat yakni UMKM Usaha di Kota Solo untuk program dukungan UMKM.

Solopos Virtual Talkshow: Siap dengan Perubahan, Tiki Kian Banyak Beri Layanan Digital

Tiki juga memberikan layanan jemput online (Jempol), di mana Tiki akan menjemput barang ke rumah dan kemudian mengantarkannya ke tempat tujuan.

Turun Banyak Sis! Ini Harga Emas 24 Karat Antam Hari Ini, Jumat 24 September 2021

Harga emas batangan 24 karat PT Aneka Tambang Tbk., Jumat (24/9/2021) terpantau turun dibandingkan harga kemarin.

Harga BBM di Indonesia Paling Murah Se-Asia Tenggara? Cek Perbandingannya

Harga jual eceren bahan bakar minyak di Indonesia disebut masih lebih murah jika dibandingkan kebnyakan negara-negara tetangga yang berada di kawasan Asia Tenggara.

Matahari Kota Bogor Resmi Tutup Operasional, Ini Penjelasan Manajemen

PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) menutup atau menghentikan operasional salah satu gerainya yang berlokasi di Kota Bogor, Jawa Barat.

Yuk Buka Tabungan Secara Digital Melalui OCTO Savers CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengakselerasi kapabilitas fitur dan layanan aplikasi digital banking OCTO Mobile untuk kemudahan nasabah.