SOLOPOS.COM - Jalan Lettu Sumarto yang merupakan akses jalan menuju RSUD Kota Solo di Ngipang, Banjarsari, terlihat rusak berat. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Jalan Lettu Sumarto yang merupakan akses jalan menuju RSUD Kota Solo di Ngipang, Banjarsari, terlihat rusak berat. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

SOLO – Meski Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ngipang, Kadipiro, Banjarsari sudah mulai beroperasi, namun jalur menuju RSUD tersebut masih rusak parah. Kerusakan parah terjadi terutama jalur yang berada di wilayah Bayan, Kadipiro.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Beberapa bagian aspal jalan yang berada di sisi rel jalur KA Solo-Semarang tersebut mengelupas dan berlubang. Sejumlah ruas jalan pun bergelombang. Selain di wilayah Bayan, kerusakan parah juga terjadi di jalan depan RSUD. Kondisi di jalan tersebut rusak parah sama halnya dengan jalan di wilayah Bayan. Selain itu, sejumlah sisi jalan terlihat retak. Kerusakan jalan diakibatkan kendaraan proyek RSUD.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Solo, Agus Djoko Witiarso, menjelaskan proses perbaikan akses jalan menuju RSUD sudah dianggarkan di APBD Perubahan Solo 2012. Nilai perbaikan yakni sekitar Rp390 juta. Perbaikan tersebut diprioritaskan untuk jalan di depan RSUD. “Tahun ini kami perbaiki terlebih dahulu jalan di depan RSUD. Sekarang prosesnya memasuki tahap lelang. Segera kami realisasikan,” terang Agus, Selasa (9/10).

Diutarakannya, perbaikan di depan RSUD dilakukan dengan melapisi ulang jalan di depan RSUD. “Kami lapis ulang jalannya. Ya karena rusak untuk keluar masuk kendaraan proyek,” tuturnya.

Lebih lanjut, Agus menuturkan perbaikan jalan lainnya bakal diusulkan untuk mendapatkan pemihakan dari APBD Solo 2013.

Perbaikan lanjutan diprioritaskan jalan di wilayah Bayan yang mengalami rusak parah. Selain itu, pihaknya juga akan mengusulkan pelebaran jalan di sisi timur RSUD. “Semoga saja disetujui untuk usulan ini,” katanya.

Sekretaris Kelurahan Kadipiro, Cahyo Pamuji, mengatakan masalah kerusakan jalan tanggung jawab pemkot karena itu berkaitan dengan proyek RSUD. “Sudah disosialisasikan sebelumnya kepada warga kalau proyek selesai maka jalan akan segera diperbaiki,” katanya.

Sementara itu, salah satu warga, Suwarno, membenarkan kondisi akses jalan menuju RSUD rusak parah. Diterangkannya, akses jalan menuju RSUD juga masih membingungkan. “Jalannya memang susah untuk dilalui. Karena harus berputar-putar. Jalannya juga banyak yang rusak,” ungkap warga Sewu, Jebres yang datang ke RSUD tersebut. (Taufiq Sidik Prakoso)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya