SOLOPOS.COM - Vowifi (Detik)

Akses Internet 4G memunculkan Vo Wifi.

Solopos.com, JAKARTA — Teknologi 4G tak cuma bicara kecepatan, ada juga yang namanya VoLTE dan Vo Wifi yang merupakan pengembangan lanjutannya. Tapi kalau VoLTE sudah tak asing lagi, sekarang giliran Vo Wifi yang dijajal Smartfren.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagai informasi, seperti dikutip dari Detik, Senin (20/6/2016),  VoLTE adalah teknologi yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan telepon lewat jaringan akses Internet 4G LTE.

Metode ini sudah digunakan oleh Smartfren di jaringannya, dengan catatan ponsel yang dipakai sudah mendukung akses Internet VoLTE atau menggunakan aplikasi khusus bernama Smart VoLTE bikinan Smartfren.

Tapi meski sambungan telepon dilakukan melalui jalur data yang diprioritaskan, pengguna harus tetap membayar dengan tarif normal. Jadi bukan kuota data yang terpotong, layaknya melakukan voice call menggunakan aplikasi pesan instan semacam Whatsapp, BBM, dan lain-lain.

Selain VoLTE, sekarang juga ada yang namanya Vo Wifi. Ini adalah pengembangan lanjutan dari VoLTE, bedanya di Vo Wifi adalah jaringan Wifi yang dimanfaatkan untuk berkomunikasi. Kalau dari penjelasan VP Network Smartfren, Munir Syahda Prabowo, dengan Vo Wifi pengguna tak perlu khawatir kalau kehilangan sinyal asalkan ada Wifi.

“Misalnya lagi di Papua, tidak dapat sinyal tapi di hotel ada Wifi. Dengan Vo Wifi panggilan telepon tetap bisa dilakukan,” ujar Munir, di Network Operation Center (NOC) Smartfren di kawasan BSD, Tangerang Selatan.

Cara kerja Vo Wifi cukup sederhana setelah tersambung Wifi, pengguna hanya tinggal menjalankan aplikasi SmartVoLTE yang sebelumnya harus diinstal terlebih dahulu. Kemudian lakukan panggilan telepon seperti biasa lewat aplikasi tersebut.

Kalau dilihat prinsipnya memang sama dengan voice call di Whatsapp, BBM, atau beberapa layanan pesan instan lainnya. Tapi satu kelebihan yang tak dimiliki layanan pesan instan adalah lewat Vo Wifi pengguna bisa menghubungi nomor telepon siapa saja. Jadi seperti melakukan sambungan telepon biasa.

Sementara itu terkait regulasi soal Vo Wifi nantinya, Munir mengatakan masih abu-abu. Sebab belum ada regulasi yang mengaturnya, meski begitu bila akhirnya ditetapkan Smartfren akan mengikuti aturan yang berlaku.

“Menggunakan voice lewat Wifi itu masih abu-abu, belum ada aturannya. Tapi kami pasti akan mengikuti bila pemerintah mengeluarkan aturannya. Kami optimistis karena sekaran kan banyak OTT yang bisa pakai Wifi untuk voice call, masa operator Indonesia sendiri malah tak boleh,” jelas Munir.

Namun tak seperti VoLTE yang sudah dijalankan oleh Smartfren, Munir belum bisa memastikan kapan Vo Wifi akan diimplementasikan oleh perusahaannya. Sejauh ini Smartfren masih melakukan tahap-tahap pengujian Vo Wifi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya