SOLOPOS.COM - Layanan VoLTE Smartfren (Okezone)

Akses Internet Indonesia mulai memasuki VoLTE yang telah diluncurkan Smartfren.

Solopos.com, JAKARTA — Smartfren Telecom resmikan layanan akses Internet Voice over LTE (VoLTE). VoLTE merupakan layanan berbasis data yang mengandalkan teknologi LTE dan jaringan 4G LTE.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana dikutip dari Kantor Berita Antara, Sabtu (20/2/2016), Presiden Direktur PT Smartfren Telecom, Merza Fachys, mengatakan VoLTE memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon dan video dengan kualitas suara yang lebih baik, stabil dan jernih.

“Untuk apa menggunakan VoLTE? Pertanyaan ini terngiang 10-12 tahun lalu saat kamera ditanamkan ke ponsel. VoLTE bukan hanya voice yang penting, meski hal tersebut memang kualitas suara. Ini berdasar penggunan teknologi. Inilah evolusi teknologi,” ujarnya.

Sama dengan pada saat suara bertransformasi ke picture, dengan akses Internet VolTE, Merza mengatakan teknologi beralih dari picture ke movie picture. “Kita bisa berkomunikasi sambil menonton video atau melakukan video conference. Ini semua akan menambah komunikasi kita jauh lebih nikmat,” kata dia.

Lebih lanjut, Merza mengatakan, lonjakan teknologi akses Internet VoLTE ini, jaringan akan dikemas dengan segala kemungkinan yang luas.

“Inilah yang membuat segala kreator bidang kreatif dengan kemampuan jaringan Smartfren dengan kapasitas dan jaringan terbaik. Mudah-mudahan ini persembahan Smartfren yang terbaik dan terbaru pertama di Indonesia,” tambah dia.

Selain itu layanan akses Internet VoLTE Smartfren diklaim bisa melakukan panggilan ke luar operator atau nomor Smartfren. Merza Fachys menegaskan tidak akan ada biaya interkoneksi, paling tidak untuk saat ini.

Hal ini karena menurut Merza belum ada regulasi yang mengatur interkoneksi VoLTE di Indonesia. Selain itu, Merza mengatakan, apabila ada aturan biaya interkoneksi, tentu harus ada layanan serupa yang dikeluarkan oleh operator lain.

“Mau interkoneksi sama siapa wong yang lain belum punya kok. Ngapain ngomongin peraturan tarif interkoneksi kalau yang lain belum,” tutur Merza, dikutip dari Detik, Sabtu.

Sebagai salah satu operator yang bermain, Merza mengatakan hanya bisa menunggu peraturan atau kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. “Kita selalu mengikuti langkah yang dilakukan oleh pemerintah, nurut saja,” tambah Merza.

Lebih lanjut Merza mengatakan peraturan interkoneksi akses Internet VoLTE ini tidak akan sama dengan interkoneksi selular biasa. “Yang pasti tidak akan sama. Akan dilakukan perhitungan lagi. Dari Smartfren sendiri belum ada perhitungan sedetail itu,” ujar Merza.

Di akhir kata Merza mengatakan layanan VoLTE membuka kesempatan baru bagi semua operator dalam memanfaatkan teknologi akses Internet 4G LTE di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya