SOLOPOS.COM - Ilustrasi Mengakses Internet (Dok/JIBI/Solopos)

Akses Internet 4G LTE sedang dalam penataan ulang. Refarming frekuensi 1.800 MHz di Jawa Tengah akan mengganggu akses Internet selama sepekan.

Solopos.com, SOLO — Proses penataan ulang atau refarming akses Internet 4G long term evolution ( LTE) di frekuensi 1.800 MHz yang dilakukan oleh Kemenkominfo dan Telkomsel mulai memasuki Jawa tengah.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Menurut pesan singkat yang didapat Solopos.com dari Kominfo, Senin (19/10/2015), adanya penataan ulang frekuensi 1.800 MHz di wilayah Semarang, membuat akses Internet di Jawa Tengah akan terganggu selama sepekan.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kominfo telah menargetkan beberapa operator seluler menyelesaikan penataan jaringan akses Internet 4G LTE frekuensi 1.800 MHz sampai akhir tahun 2015.

“Kami berharap akhir tahun ini selesai di seluruh Indonesia. Sehingga masyarakat dapat menikmati koneksi yang lebih kencang,” ujar Menkominfo, Rudiantara, beberapa waktu lalu.

Masyarakat Indonesia dapat menikmati akses Internet 4G mulai tahun depan. “Akhir tahun ini Insya Allah sudah selesai di Jawa, jadi praktis Januari 2016 masyarakat bisa menikmati akses Internet 4G di 1.800 MHz,” ujar Rudiantara.

Menkominfo mengatakan refarming atau penataan ulang akses Internet 4G mulai memasuki wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur dan akan selesai dilakukan di seluruh Indonesia akhir tahun ini.

Menurut Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, pihaknya menargetkan proses penataan ulang akses Internet jaringan 4G LTTE selesai di bulan November 2015.

“Saat ini proses refarming sudah masuk Jawa Tengah kemudian nanti akan berlanjut sampai terakhir di Jabodetabek. Kira-kira selesai bulan November 2015,” ujar Ririek.

Ririek menuturkan proses refarming akses Internet 4G LTE yang serentak dilakukan oleh empat operator lain tersebut berjalan dengan lancar tanpa kendala. “Sejauh ini prosesnya tidak ada kendala. Memang ketika di awal sedikit terdapat kendala di skenario, tapi sekarang tidak ada masalah,” imbuh Ririek.

Frekuensi 1.800 MHz merupakan ekosistem terbaik untuk akses Internet 4G dan sejumlah negara malah memulai jaringan 4G di frekuensi 800 MHz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya