SOLOPOS.COM - Stan PT Telkomsel di Bandung, Jumat (5/6/2015). (Rachman/JIBI/Bisnis)

Akses Internet 4G LTE milik Telkomsel diharapkan selesai ditata ulang bulan depan.

Solopos.com, JAKARTA — Proses penataan ulang atau refarming jaringan akses Internet 4G long term evolution ( LTE) di frekuensi 1.800 MHz yang dilakukan oleh Telkomsel dalam waktu dekat akan berakhir.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, pihaknya menargetkan proses penataan ulang akses Internet jaringan 4G LTTE selesai di bulan November 2015.

“Saat ini proses refarming sudah masuk Jawa Tengah kemudian nanti akan berlanjut sampai terakhir di Jabodetabek. Kira-kira selesai bulan November 2015,” ujar Ririek, seperti dikutip dari Detik, Senin (12/10/2015).

Ririek menuturkan proses refarming akses Internet 4G LTE yang serentak dilakukan oleh empat operator lain tersebut berjalan dengan lancar tanpa kendala. “Sejauh ini prosesnya tidak ada kendala. Memamg ketika di awal sedikit terdapat kendala di skenario, tapi sekarang tidak ada masalah,” imbuh Ririek.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kominfo telah menargetkan para operator menyelesaikan penataan jaringan akses Internet 4G LTE frekuensi 1.800 MHz sampai akhir tahun 2015. “Kami berharap akhir tahun ini selesai di seluruh Indonesia. Sehingga masyarakat dapat menikmati koneksi yang lebih kencang,” ujar Menkominfo, Rudiantara beberapa waktu lalu.

Telkomsel sendiri saat ini baru menggelar akses Internet 4G LTE frekuensi 1.800 MHz di tiga kota, yakni Mataram, Makassar, dan Manado dengan menggunakan lebar pita 10 MHz. apabila nanti proses refarming sudah rampung maka lima kota sisanya, seperti Bali, Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan yang saat ini masih menggunakan frekuensi 900 MHz akan dialihkan ke 1.800 MHz.

Selain delapan kota tadi, di kesempatan yang sama Direktur Sales Telkomsel, Mas’ud Khamid, juga mengungkap rencana Telkomsel untuk menggelar jaringan 4G LTE komsersial di empat kota, yakni Balikpapan, Pekanbaru, Yogyakarta, dan Batam. Sayang, Mas’ud tidak menyebutkan secara detail jadwal  peluncuran akses Internet cepat itu dilakukan.

Dikutip dari Liputan6.com, Senin, Telkomsel kembali memperluas jangkauan jaringan 4G LTE di Indonesia. Kali ini, anak usaha Telkom tersebut mengomersialisasikan layanan 4G di Manado, Sulawesi Utara.

Layanan akses Internet Telkomsel 4G LTE di Manado diresmikan langsung oleh Direktur Utama Telkomsel, Ririek Andriansyah, dan Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, di Manado Town Square. Dengan frekuensi 1.800 MHz kecepatan layanan akses Internet 4G di Manado dapat mencapai 75 Mbps.

Komersialisasi terbaru ini menjadikan Manado sebagai kota ke-8 yang telah memiliki layanan akses Internet 4G. Menyusul kota lainnya yang sudah lebih dulu beroperasi, seperti Jakarta, Bali, Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, dan Lombok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya