SOLOPOS.COM - Rudiantara (Detik.com)

Akses Internet cepat 4G sedang diupayakan pemerintah melalui program refarming frekuensi.

Solopos.com, JAKARTA — Rencana pemerintah untuk menghadirkan akses Internet broadband yang lebih cepat lewat 4G long term evolution (LTE) di spektrum 1.800 MHz semakin mendekati kenyataan. Refarming atau penataan ulang frekuensi 4G hampir selesai.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Detik, Selasa (20/10/2015), menurut Menkominfo Rudiantara proses refarming akses Internet 4G di frekuensi 1.800 MHz sudah 85% dan segera selesai.

“Untuk refarming akses Internet 4G di 1.800 MHz sekarang sudah 85%. Sudah 35 klaster dari total 42 klaster yang selesai,” ungkap Rudiantara.

Sejauh ini, proses penataan ulang dan refarming telah memasuki Jawa Tengah, dan perlahan-lahan akan terus maju ke pusat area padat. Puncaknya, refarming akses Internet 4G akan masuk ke area Jabodetabek di pertengahan November mendatang.

“Sesuai target, akhir November nanti selesai. Saya juga punya berita bagus, November 2015 juga akan ada smartphone 4G murah di bawah Rp1 juta, tepatnya Rp999.000. Saya akan datang juga ke peluncurannya,” kata Rudiantara.

Seperti diketahui, proses penataan ulang frekuensi dan refarming akses Internet 4G di 1.800 MHz melibatkan empat operator seluler, yakni Telkomsel, XL Axiata, Indosat, dan Hutchison 3 Indonesia (Tri).

Setelah penataan tersebut, empat operator itu akan memiliki frekuensi yang berdampingan, Telkomsel menguasai 22,5 MHz, XL 22,5 MHz, Indosat 20 MHz, dan Tri 10 MHz.

Proses penataan ulang atau refarming jaringan akses Internet 4G long term evolution ( LTE) di frekuensi 1.800 MHz yang dilakukan oleh Kemenkominfo dan empat operator seluler, XL, Indosar, Telkomsel dan Tri mulai memasuki Jawa tengah.

Menurut pesan singkat yang didapat Solopos.com dari Kominfo, adanya penataan ulang frekuensi 1.800 MHz di wilayah Semarang, akses Internet di Jawa Tengah akan terganggu selama sepekan.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kominfo telah menargetkan empat operator seluler tersebut menyelesaikan penataan jaringan akses Internet 4G LTE frekuensi 1.800 MHz sampai akhir tahun 2015.

Frekuensi 1.800 MHz merupakan ekosistem terbaik untuk akses Internet 4G dan sejumlah negara malah memulai jaringan 4G di frekuensi 800 MHz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya