SOLOPOS.COM - Prooject Loon (Youtube)

Akses Internet Indonesia akan lebih bervariasi dengan adanya balon udara Google.

Solopos.com, JAKARTA — Google berencana untuk melakukan technical test Project Loon di Indonesia. Project Loon adalah salah satu proyek Google untuk menyediakan akses Internet berkecepatan tinggi melalui balon udara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip dari Okezone, Rabu (21/10/2015), Menkominfo Rudiantara sudah bertemu pihak Google dalam uji coba perangkat akses Internet Project Loon Google.

“Saya bertemu dengan Google dan mereka mengatakan ingin mengadakan technical test Project Loon di Indonesia,” ucap Rudiantara.

Rudiantara mengatakan, kalau sifatnya masih tes itu sah-sah saja dan dipersilahkan, tetapi kalau lebih dari itu dirinya mengaku belum memberikan lampu hijau. “Project Loon itu Internet balon udara, jadi kalau mau tes silahkan saja. Kita juga bisa tidak ikut,” ucapnya.

Meski demikian, Google masih bernegosiasi dengan Kominfo terkait frekuensi yang akan dipakai untuk menghubungkan akses Internet tersebut. Pasalnya, sejumlah frekuensi yang tersedia itu telah ada pemiliknya.

“Kalau mau pakai frekuensi 900 MHz mesti koordinasi dulu dengan operator, sedangkan kalau di 700 MHz masih ada televisi analog,” ucap Rudi lagi.

Tim pengembang di Google merealisasikan proyek perangkat balon bernama Project Loon yang dapat mengirimkan sinyal ke tanah. Sinyal tersebut menyediakan jangkauan akses Internet di lokasi pedesaan.

Penyedia akses Internet lokal dapat memanfaatkan koneksi balon Google untuk menurunkan biaya operasional. Dengan demikian, diharapkan penyedia Internet lokal dapat memberikan layanan yang lebih murah kepada penduduk lokal.

Atas hal tersebut, CEO PT XL Axiata (XL), Dian Siswarini CEO PT XL Axiata (XL), menyambut baik apabila memang terdapat teknologi alternatif yang dapat memberikan efisiensi untuk menyokong akses Internet di wilayah terpencil.

Project Loon dianggap sebagai teknologi alternatif yang menawarkan keunggulan, dengan menembakkan sinyal Wifi dari ketinggian tertentu. Sehingga, masyarakat yang belum mendapatkan akses Internet melalui jalur darat, nantinya dapat menggunakan Internet.

Teknologi  Balon Google Project Loon bisa sebagai alternatif untuk menjangkau wilayah yang belum terjangkau akses Internet, namun tetap perlu diperhatikan dari sisi ekonomi atau bisnis modelnya.

Berikut ini link penampakan balon udara Google di situs Youtube, https://www.youtube.com/wa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya