SOLOPOS.COM - Layanan 4G LTE Smartfren Utamakan Stabilitas (Youtube)

Akses internet layanan 4G LTE milik Smartfren lebih mengutamakan stabilitas jaringan daripada kecepatan.

Solopos.com, SHENZEN — Layanan internet 4G Long Term Evolution (LTE) Smartfren sudah bisa dinikmati di Indonesia. Akses internet Smartfren itu lebih mengutamakan stabilitas jaringan daripada kecepatan.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Dikutip dari Liputan6.com, Kamis (13/8/2015), meski belum secara resmi menggelar tahap komersialisasi, namun layanan akses internet 4G LTE Smartfren yang masih dalam proses trial sudah bisa dicicipi oleh sejumlah pengguna di kota-kota besar di Indonesia.

Berdasarkan hasil drive test yang dilakukan di Surabaya, Juli 2015 lalu, kecepatan rata-rata layanan jaringan 4G LTE Smartfren berhasil menembus angka 20-30 Mbps untuk download dan 3-4 Mbps untuk upload.

Menurut Head of Network Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo, kecepatan atau speed bukanlah segalanya. Stabilitas jaringan dan fungsi akses internet cepat yang ditawarkan layanan 4G LTE adalah hal yang terpenting.

“Sekarang kita melihatnya adu cepat, padahal yan terpenting bukan itu. Fungsinya yang terpenting. Kita harus mengedukasi masyarakat soal ini, kalau Internetnya sudah cepat untuk apa?” ujar Munir di Shenzhen, Tiongkok.

Untuk sebuah konten video HD, kata Munir, standarnya hanya membutuhkan speed di kisaran 2 Mbps. Hal yang penting adalah tersedianya akses internet yang memadai. Sebagai informasi, jaringan 4G LTE Smartfren berjalan di atas spektrum frekuensi 850 MHz dan 2.300 MHz.

Menariknya, Smartfren juga menggunakan dua teknologi 4G LTE berbeda di masing-masing frekuensi tersebut. Pertama, Smartfren menggunakan teknologi jaringan 4G LTE jenis Frequency Division Duplex (FDD) di spektrum frekuensi 850 MHz. Sementara untuk frekuensi 2.300 MHz, Smartfren menggunakan teknologi Time Division Duplex (TDD).

Dikutip dari Detik, Kamis, Smartfren begitu membanggakan perangkat handset andalannya, Andromax. Bahkan, Andromax disebut sebagai handset yang paling lengkap karena bisa mendukung akses internet menggunakan CDMA, GSM, dan 4G LTE yang menawarkan kecepatan data tinggi.

Ponsel Andromax memang memiliki 2 slot sim card, satu slot khusus kartu Smartfren dan satu slot lagi bisa digunakan untuk kartu GSM. Sehingga, dalam satu ponsel Andromax, konsumen bisa menggunakan GSM dan CDMA sekaligus. Apabila membutuhkan akses internet yang cepat, bisa juga menggunakan  4G.

“Jadi bisa dibilang Andromax itu adalah handset 3 in 1. Dalam satu handset Andromax, kita bisa menggunakan jaringan CDMA, GSM dan 4G LTE,” kata Munir SP.

Munir menjelaskan, sejak awal Smarfren sebagai operator penyedia layanan data memang bermain di sektor CDMA. Sedangkan GSM digunakan agar jangkauan jaringan bisa lebih luas bagi pelanggannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya