SOLOPOS.COM - Logo Smartfren 4G (Okezone)

Akses Internet layanan 4G LTE Advanced besutan smartfren mencapai 26,27 Mbps di Semarang.

Solopos.com, SEMARANG — Operator penyedia layanan komunikasi berbasis CDMA, Smartfren, telah meresmikan layanan akses Internet 4G Long Term Evoluton (LTE) Advanced. Di Kota Semarang, layanan itu mampu menghasilkan kecepatan download hingga 26,27 Mbps.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Detik, Selasa (25/8/2015), Head of Network Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo, mengatakan layanan akses Internet 4G LTE Advance itu telah diluncurkan 19 Agustus 2015 lalu. Kali ini pihak Smartfren menguji coba layanan itu di Kota Semarang.

“Layanan Internet 4G LTE A ini sudah diluncurkan 19 Agustus 2015 lalu. Sehingga pada hari ini kita akan mencoba untuk melakukan drive test di tiga kota tempat implementasi layanan 4G LTE A Smartfren digelar. Namun, perlu diketahui saat ini Smartfren tengah melakukan optimalisasi jaringan di Semarang. Jadi mohon maaf apabila hasil drive test tidak sesuai dengan yang diharapkan,” sebut Munir Syahda Prabowo.

Ekspedisi Mudik 2024

Diawali dengan Kota Semarang, rombongan bergerak dari bandara Ahmad Yani menuju SMP Sultan Agung 1 tempat Smartfren mengadakan kegiatan uji coba layanan akses Internet 4G LTE. Dari hasil pengujian yang dilakukan menggunakan aplikasi Speed Test sepanjang perjalanan, diperoleh hasil kecepatan download dan upload yang beragam.

Di SMP Sultan Agung 1 Semarang yang terletak di jl. Seroja Selatan misalnya, hasil download mencapai 26,27 Mbps dan upload 7,04 Mbps. Hasil tersebut diperoleh setelah menukar mode pengaturan jaringan akses Internet dari LTE hybrid ke LTE only.

Dari jl. Seroja Selatan, rombongan bergerak ke kawasan Semarang Tawang. Sayang, kecepatan yang ditawarkan di kawasan utara Kota Semarang ini tidak sebagus yang pertama. Kecepatan download hanya 5,41 Mbps dan upload 2,25 Mbps.

Ya, karena seperti yang sudah dikatakan oleh Munir tadi. Saat ini Smartfren tengah melakukan optimalisasi jaringan di beberapa BTS, sehingga hasil yang diberikan berbeda-beda di setiap titik.

Meski demikian, layanan akses 4G LTE Advanced milik Smartfren ini memberikan jaringan Internet yang cukup stabil. Hal ini diketahui setelah menjajalnya untuk sedikit live broadcast Periscope dan menonton Youtube dengan kualitas 1080 p.

Dikutip dari Liputan6, Selasa, uji kecepatan layanan akses Internet 4G Smartfren merupakan bagian dari uji jaringan operator CDMA itu  yang dilakukan di beberapa kota, termasuk Semarang, Jogja, dan Solo.

Smartfren baru saja mengomersialisasikan layanan 4G LTE mereka secara resmi pekan lalu di 22 kota besar di seluruh Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Smartfren menggunakan dua frekuensi yang dimilikinya untuk layanan akses Internet 4G, yakni di 850 MHz dan 2.300 MHz. Smartfren juga menggunakan dua teknologi 4G LTE berbeda di masing-masing frekuensi tersebut.

Pertama, Smartfren menggunakan teknologi jaringan 4G LTE jenis Frequency Division Duplex (FDD) di spektrum frekuensi 850 MHz.

Sementara untuk frekuensi 2.300 MHz, Smartfren menggunakan teknologi Time Division Duplex (TDD). Operator itu menargetkan 50 persen pelanggan CDMAnya segera bermigrasi ke 4G LTE akhir tahun 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya