SOLOPOS.COM - Layanan VoLTE Smartfren (Okezone)

Akses Internet dengan cara VoIP dan VoLTE ada perbedaannya. Apa saja?

Solopos.com, JAKARTA — Sebagai cara baru berkomunikasi, Voice over LTE atau VoLTE memiliki setidaknya lima keunggulan dibandingkan panggilan voice konvensional.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Beberapa keunggulan akses Internet VoLTE itu di antaranya setup call lebih cepat, sehingga lebih cepat terhubung, kualitas suara definisi tinggi sehingga suara lebih jernih, video call yang stabil dan mudah, mudah berpindah dari panggilan voice ke video call, telepon dan download bersamaan dengan kecepatan optimal.

Sebelum kehadiran VoLTE, alternatif lain dari panggilan voice konvensional adalah Voice over Internet Protocol atau VoIP. Sederhananya, VoIP merupakan teknologi yang memungkinkan terjadinya panggilan voice melalui akses Internet.

Beberapa aplikasi VoIP populer adalah Skype, Whatsapp, Line, Kakao, Viber, dan Tango. Lantas, apakah perbedaan VoIP dan VoLTE? VP Special Project Network PT Smartfren Telecom, Munir SP, dalam sesi presentasi di hadapan awak media, menjelaskan garis besar perbedaan keduanya.

Ia menuturkan, VoIP menumpang di atas aplikasi yang berjalan di jaringan Internet, hanya terdapat pipa tunggal yang sama, baik untuk data dan untuk real-time voice.

Karena hanya ada pipa tunggal untuk dua jenis layanan tersebut, di tengah-tengah perjalanannya terdapat hal-hal yang berdampak pada berkurangnya kualitas VoIP itu sendiri. “Makanya kualitas suara atau videonya kurang bagus,” kata Munir, dikutip dari Liputan6.com, Sabtu (27/2/2016).

VoLTE, kata Munir, memiliki dedicated bearer untuk voice dan video. Dengan demikian, kualitasnya lebih bagus. Untuk diketahui, Smartfren saat ini merupakan operator telekomunikasi seluler pertama dan satu-satunya yang menawarkan layanan akses Internet VoLTE.

Pada 2016, cakupan jaringan 4G LTE Smartfren yang bertajuk 4G LTE Advanced menyelimuti 85 kota di Indonesia, termasuk Garut dan Tasikmalaya yang baru saja digelar network drive test.

Chief Technical Officer Smartfren, Christian Daigneault, mengatakan, VoLTE merupakan salah satu cara berkomunikasi terdepan di era akses Internet 4G. “Teknologi ini menyajikan kualitas suara yang sangat jernih dan juga memungkinkan pengguna untuk dapat menikmati video call hanya dengan mengaktifkan opsi video pada layar,” ujarnya, dikutip dari Okezone, Sabtu.

Dia mengutarakan, layanan ini sekarang sudah dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan Smarftren di 85 kota yang tersebar di Indonesia. “Tentunya ini membuat kami menjadi operator pertama yang menghadirkan layanan VoLTE bagi pelanggan dan tentunya untuk memperkuat posisi kami sebagai operator selular 4G LTE yang terkemuka di Tanah Air,” pungkas Christian.

Seperti diketahui, anak perusahaan Sinar Mas tersebut baru saja merilis dua smartphone terbaru 4G garapan terbarunya yakni Andromax R2 dan Andromax E2 dengan teknologi VoLTE di Indonesia yang dibanderol Rp1,699 juta dan Rp899.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya