SOLOPOS.COM - Logo Smartfren 4G (Okezone)

Akses Internet cepat bisa dilakukan dengan menggunaka layanan 4G LTE. Ada beberapa cara menggunakan layanan 4G LTE tanpa Andromax.

Solopos.com, SEMARANG — Smartfren merilis layanan akses Internet 4G Long Term Evolution (LTE) Advanced di 22 kota di Indonesia yang bisa diakses melalui perangkat Andromax. Selain Andromax, perangkat lain bisa menggunakan layanan 4G tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip dari Detik, Rabu (26/8/2015), saat meluncurkan layanan akses Internet 4G LTE Advanced, Smartfren menggunakan LTE Time Division Duplex (TDD) di frekuensi 2.300 MHz dan Frequency Division Duplex (FDD) di frekuensi 850 MHz. Dengan penggabungan dua frekuensi tadi, kecepatan yang ditawarkan bisa melebihi kecepatan 4G LTE pada umumnya.

Head of Network Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo, mengatakan dengan pita lebar 5 MHz di frekuensi 850 MHz di atas kertas kecepatan akses internet yang ditawarkan berada di kisaran 2 Mbps-20 Mbps. Sementara di frekuensi 2300 MHz kecepatannya antara 2 mbps-100 mbps, tergantung seberapa dekat dengan Base Station (BTS).

“Untuk bisa menikmati layanan akses Internet 4G LTE Advanced, paling tidak perangkat itu harus memiliki jaringan yang berjalan di jaringan 5.850 MHz atau jaringan 40 atau 2.300 MHz. Cuma kalau mau kecepatan yang lebih wah lagi, harus mendukung pula yang namanya carrier aggregation,” papar Munir.

Munir memberi contoh salah satu perangkat yang  digunakan untuk ases Internet adalah Galaxy Note 4 milik Samsung. Tak cukup sampai di situ, sebisa mungkin perangkat tersebut harus berbasis CDMA.

Hal ini karena teknologi 4G LTE untuk saat ini hanya sebatas menyediakan layanan data, belum bisa dipakai untuk layanan voice atau telepon dan SMS. “Ya kalau mau pakai untuk data saja silakan. Kalau mau telepon bisa pakai layanan Whatspp call dan sebagainya, tapi tidak maksimal,” ujar Munir.

Munir mengatakan VoLTE ini tidak bisa segera terwujud dalam waktu dekat. Di akhir 2015 diprediksi baru akan ada chipset yang mendukung layanan telepon Smartfren itu.

Dikutip dari Liputan6.com, Rabu, menurut Munir Syahda Prabowo, ada tiga aktivitas yang dapat dioptimalkan apabila memakai layanan akses Intenret 4G.

Pertama, layanan video streaming. Kini, banyak sekali penyedia layanan video streaming, sebut saja yang paling populer, Youtube. Kegiatan menonton video streaming bisa menjadi sangat optimal dengan akses Internet 4G karena pengguna dapat mengakses layanan tersebut tanpa buffering.

Kedua, layanan live video. Bagi pengguna yang senang melakukan layanan ini, teknologi 4G mampu membuat gambar di video menjadi lebih jernih dan jelas. Contohnya, live video menggunakan Skype.

Terakhir, kegiatan mengunduh berbagai jenis file. Pada dasarnya, teknologi 4G merupakan teknologi yang mampu memberikan akses Internet dengan kecepatan tinggi. Jadi, teknologi 4G akan mengoptimalkan kegiatan download, khususnya file berukuran besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya