SOLOPOS.COM - Logo Smartfren 4G (Okezone)

Akses Internet 4G semakin berkembang. Smartfren memiliki strategi khusus untuk bersaing di jaringan 4G.

Solopos.com, JAKARTA — Beberapa operator seluler berlomba-lomba untuk ikut serta dalam menghadirkan akses Internet cepat 4G di Indonesia. Tak terkecuali Smartfren, yang Agustus meresmikan jaringan 4G LTE Advanced.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, Kamis (5/11/2015), Head of Marketing & Corporate Strategy Smartfren, Roberto Saputra, mengatakan Smartfren fokus kepada jaringan, perangkat, dan layanan dalam jaringan akses Internnet 4G.

“Ketika launching kami sengaja menekankan coverage di 22 kota itu sebenarnya adalah kota besar, kami tidak bicara tentang Malang dan Salatiga. Jadi kalau dilihat sekarang bisa dikatakan jangkauan paling luas hanya Smartfren, karena kami sudah mencakup 80% dari coverage CDMA kami,” ujarnya.

Langkah berikutnya setelah coverage adalah jaringan akses Internet 4G yang selalu tersedia. Meski berada di luar kota, Roberto menjamin pelanggan tetap akan merasakan pengalaman 4G yang konsisten.

Berikutnya, Roberto mengatakan saat ini Smartfren akan melakukan infield sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas, terlebih lagi operator tersebut baru saja meluncurkan paket data unlimited.

“Jadi, langkah kami, pertama meningkatkan jaringan, karena jaringan adalah pondasi, yang kedua perangkat, selama ini aktivasi kebanyakan dari Andromax, saat ini kami membuka kerjas ama dengan Samsung, sebelumnya kerja sama dengan Hisense,” ujar Roberto.

Lebih lanjut, Roberto mengungkapkan ke depannya Smartfren akan bekerja sama dengan lebih banyak lagi vendor, karena adanya keterbatasan pasar perangkat Andromax.

“Ketiga, service, dengan True Unlimited, bukan sekedar Unlimited, ini yang ditunggu-tunggu konsumen, diluncurkan dengan harga yang fantastis,” kata Roberto.

Dikutip dari Liputan6.com, Kamis, kegiatan penataan frekuensi di 1.800 MHz tak lama lagi akan rampung  akhir November 2015. Artinya, operator seluler GSM  siap menggelar komersialisasi akses Internet 4G di sejumlah kota.

Menanggapi hal ini, Smartfren mengaku layanan  akses Internet 4G-nya siap bersaing dengan mereka. Untuk itu, operator CDMA ini, telah menyiapkan beberapa strategi untuk berkompetisi dengan operator GSM.

Perlu diketahui, kegiatan penataan frekuensi dilakukan operator pemilik lisensi 1.800 MHz seperti Telkomsel, Indosat, XL Axiata, dan Tri agar mereka dapat menggunakan frekuensi itu untuk layanan akses Internet 4G.

Smartfen akan menambah kapasitas di kota-kota besar untuk memastikan kestabilan layanan 4G-nya. Untuk layanan 4G, Smartfren memakai dua spektrum yakni 850 MHz dan 2.300 MHz.

“Kami akan tambah kapasitas di 2.300 MHz karena memang frekuensi itu dipakai untuk trafik tinggi, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta,” tambahnya.

Menurut catatannya, sebanyak 50% pemakaian data Smartfren berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Artinya, Smartfren tak lagi terlalu mengandalkan produk Andromax untuk memperoleh aktivasi pelanggan baru. Saat ini, Smartfren memiliki 400.000 pelanggan 4G dari total pelanggan sebanyak 12 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya