SOLOPOS.COM - Layanan VoLTE Smartfren (Okezone)

Akses Internet cepat VoLTE memiliki keunggulan. Apa saja?

Solopos.com, JAKARTA — Akses Internet Voice over LTE (VoLTE) saat ini sudah mulai diterapkan oleh sejumlah operator telekomunikasi di dunia. Teknologi ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan layanan suara pada umumnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Smartphone Product Development Head, PT Smartfren Telecom, Ario Junianto, menjelaskan VoLTE adalah layanan voice call yang menggunakan jaringan akses Internet 4G LTE melalui IMS IP Multimedia syarem yang memiliki jalur khusus.

Keuntungan menggunakan jalur ini, menurut Ario, adalah bisa memisahkan traffic VoLTE dengan penggunaan data lainnya. Berikut keuntungan teknologi akses Internet VoLTE, sebagaimana dikutip dari Kantor Berita Antara, Kamis (18/2/2016).

  1. Pengguna akan merasa suara yang jernih dan dekat VoLTE menawarkan panggilan suara HD. Batas pendengaran manusia 20-20.000 Hz, sedangkan batas output tradisional 30-30.000 Hz sementara VoLTE 50-70.000 Hz. “Sehingga suara yang didengar benar-benar clear,” ujar Ario.
  2. Mengurangi suara latar belakang. Menurut Ario, saat digunakan di tempat yang ramai, pengguna tidak perlu teriak-teriak. Hal itu terjadi karena VoLTE memiliki teknologi khusus untuk menyaring kebisingan. “Jaringan VoLTE akan direntan voice reduce, jadi kalau ada suara bukan manusia akan dihilangkan,” kata dia.
  3. Penggunaan telepon dan data dapat dilakukan bersamaan. “Koneksi data semua tetap running bersamaan. Saat download misalnya, mengunduh data di VoLTE tidak akan putus,” ujar Ario.
  4. Call setup yang cepat. Apabila dibandingkan dengan layanan panggilan suara tradisional, VoLTE jauh lebih cepat tersambung.

“Sebagai perbandingannya, butuh waktu 0,8 detik bagi panggilan suara tradisional untuk tersambung, sedangkan VoLTE kami coba hanya membutuhkan waktu 0,2 detik. Bahkan, apabila penerima panggilan sedang berada di samping perangkat, belum bunyi tuuut sudah diangkat,” tambah dia.

Sementara itu Division Head Smartphone Business Smartfren, Sukaca Purwokardjono, mengungkapkan layanan VoLTE dalam waktu dekat akan bisa dirasakan oleh masyarakat dan pelanggan setia.

“Karena keunggulan dari VoLTE ini memberikan suara yang bagus, video call, serta koneksi Internet yang kuat dari Smartfren dengan kualitas HD Video Call,” ujarnya, dikutip dari Okezone, Kamis.

Dia mengatakan, layanan HD Voice Call ini mengunakan jaringan 4G LTE melalui IMS IP multimedia subsystem yang memiliki jalur khusus. “Jadi Voice Call ini enggak perlu fall back ke Circuit Switch (CS) di CDMA/2G sehingga jaringan ke depannya tidak perlu dikelola lagi dengan Dedicated Bearer. Belum lagi keuntungan menggunakan VoLTE ini karena telah ada jalur khusus sehingga dapat memisahkan traffic VoLTE dengan penggunaan data lainya,” imbuhnya.

Pria yang kerap disapa Sukoco ini menyatakan, keunggulan HD Voice atau Wide Band Audio di mana pengguna akan merasakan suara yang jernih tanpa mengurangi background noise.

“Anda akan merasakan kualitas suara yang superior meskipun berada ditempat keramaian. Dengan kecepatan optimum, belum lagi ketika melakukan Call Setup hanya memerlukan waktu cepat hanya 1-2 detik saja apabila dibandingkan dengan menggunakan telepon tradisional yang membutuhkan waktu 5-12 detik untuk Call Setup,” imbuhnya.

Selain itu, tambah dia kelebihan dari VoLTE itu juga lebih mudah saat berpindah dari Voice Call ke Video Call yang stabil sebab kualitas suara HD dan Fair. “Tetapi perangkatnya harus support VoLTE, teknologi VoLTE itu akan berjalan mulus apabila pengguna mendapatkan signal 4G dengan berapa bar sinyalnya maka akan tetap stabil,” tandas Sukoco.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya