SOLOPOS.COM - Peluncuran jaringan 4G-LTE Indosat, Senin (22/12/2014). (Alby Albahi/JIBI/Bisnis)

Akses Internet 4G LTE Indosat segera diluncurkan di beberapa kota besar di Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA — Setelah Balikpapan, operator seluler lokal, Indosat, segera mengomersialisasikan layanan 4G di 1.800 MHz di sejumlah kota besar di Indonesia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebagaimana diberitakan Liputan6.com, Selasa (20/10/2015), komersialisasi layanan akses Internet 4G long term evolution (LTE) akan dilakukan bersamaan dengan hari ulang tahun Indosat bulan depan, tepatnya 26 November 2015.

Menurut Presiden Direktur & CEO Indosat, Alexander Rusli, pihaknya akan meluncurkan layanan akses Internet 4G secara serentak di seluruh Indonesia.

“Kami tidak akan mengomersialisasikannya satu-satu per kota, melainkan serentak di seluruh Indonesia. Komersialisasi 4G di 1.800 MHz ini akan berlangsung saat ulang tahun Indosat bulan depan,” Alexander Rusli.

Sekadar informasi, di frekuensi 1.800 MHz, Indosat baru membuka layanan akses Internet 4G di Balikpapan, Kalimantan Timur. Namun, sebelumnya Indosat sudah menggelar 4G di 900 MHz di beberapa kota, seperti Jakarta, Bandung, dan Bali.

Sementara itu Head of Corporate Communication Indosat, Adrian Prasanto, menambahkan pihaknya akan mengomersialisasikan layanan akses Internet 4G di frekuensi 1.800 MHz di lebih dari 20 kota. “Ya, lebih dari 20 kota besar di Indonesia akan kami buka layanan 4G,” katanya.

Seperti diberitakan Solopos.com sebelumnya, Selasa, Indosat rencananya akan mengomersialisasikan layanan akses Internet 4G di frekuensi 1.800 MHz di lebih dari 20 kota. Selain Indosat, proses refarming juga melibatkan Telkomsel, XL Axiata, dan Hutchison 3 Indonesia.

Sejak dimulai Mei lalu, proses penataan ulang dan refarming telah memasuki Jawa tengah dan perlahan-lahan akan terus maju ke pusat daerah padat trafik pelanggan. Puncaknya, refarming akan masuk ke area Jabodetabek pertengahan November.

Komersialisasi layanan akses Internet 4G merupakan perintah dari Kementerian Komunikasi dan Informatika agar operator GSM Telkomsel, XL, Indosat, dan Tri dapat merampungkan refarming frekuensi 1.800 MHz, 23 November mendatang.

Refarming akses Internet 4G di 1.800 MHz sekarang sudah rampung 85%, sudah 35 klaster dari total 42 klaster. Sesuai target, akhir November nanti selesai,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Rudiantara menyebutkan refarming frekuensi 1.8000 MHz untuk akses Internet 4G LTE yang sudah dilaksanakan sejak Mei hampir rampung. “Refarming 1.800 MHz kini sudah mencapai 80%,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya