SOLOPOS.COM - Logo Smartfren 4G (Okezone)

Akses Internet cepat yang digagas Smartfren bakal merangkul mitra Nokia Networks.

Solopos.com, JAKARTA – Smartfren Telecom bakal bermitra dengan Nokia Networks untuk menggarap lini 4G LTE-A. Nokia Networks bakal memasok perangkat yang dikembangkan dari jaringan 4G itu.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Dilansir Detik, Selasa (15/9/2015), berdasarkan perjanjian, Nokia Networks menggelar jaringan tersebut di 11 kota di bagian Barat Indonesia, termasuk Jakarta, memanfaatkan kedua frekuensi spektrum TDD dan FDD sejak awal pelaksanaan proyek ini.
Solusi small cell Flexi Zone dari Nokia Networks digunakan untuk mengoptimalkan cakupan dalam ruangan. Inti, radio dan keahlian layanan Nokia Networks memastikan kesuksesan implementasi jaringan.

Pada tahap berikutnya, Nokia Networks akan menempatkan virtualisasi EPC untuk meningkatkan fleksibilitas dan ketangkasan dalam jaringan. Sayangnya, tak disebutkan berapa nilai kontrak yang diterima Nokia dari Smartfren.

Dalam keterangannya hanya dikatakan bahwa investasi skala besar Smartfren pada teknologi terbaru ini membuka jalan menuju model bisnis baru, memberikan kontribusi pada pengembangan ekonomi negara dan menciptakan pengembangan kompetensi baru serta peluang kerja bagi masyarakat Indonesia.
Inilah dagart solusi layanan Nokia Networks yang mendukung jaringan Smartfren dalam menggelar 4G LTE di Indonesia:

  • Solusi Virtualized Evolved Packet Core (EPC), meliputi Flexi Network Server (NS) dan Flexi Network Gateway (NG).
  • Hardware Commercial Single RAN Advanced, meliputi Flexi Multiradio 10 Base Station untuk LTE dan Flexi Zone stasiun base pico 4G indoor.
  • Software pengumpulan spektrum TDD dan FDD LTE untuk performa jaringan lebih baik dan peningkatan throughput.
  • NetAct, sebuah sistem manajemen jaringan tervirtualisasi, untuk pengawasan yang efektif dan terkonsolidasi dan optimasi jaringan LTE-A Smartfren.
  • iSON Manager, solusi Self Organizing Networks terpusat untuk mengoptimasi efisiensi jaringan Smartfren.

Smartfren saat ini tengah menggelar teknologi LTE paling mutakhir dengan dukungan Nokia, menggunakan TDD/FDD hybrid demi meraih kecepatan tertinggi dengan TDD di 2.300 MHz (30 MHz) dan cakupan terluas untuk penetrasi dengan FDD di 850 MHz (10 MHz).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya